Picture: Freepik

Gaji Khalifah Abu Bakar

Suatu ketika, Abu Bakar pergi berjalan menuju pasar dengan membawa beberapa potong kain untuk dijual. Di tengah perjalanan, Abu Bakar bertemu dengan ‘Umar bin Khaththab dan Abu ‘Ubaidillah bin Jarrah. Kemudian, mereka bertanya, “Hendak ke mana engkau, wahai khalifah Rasulullah?”

“Aku hendak ke pasar,” jawab Abu Bakar.

`Umar bertanya lagi, “Apa yang hendak engkau lakukan, padahal engkau telah dipilih untuk mengurusi kebutuhan kaum Muslim.”

Abu Bakar menjawab, “Lalu, dari mana aku akan memenuhi kebutuhan keluargaku jika aku tidak berdagang?”

`Umar berkata, “Kalau begitu, kami akan tetapkan gaji untukmu.”

Kemudian, ditetapkan bahwa Abu Bakar akan menerima gaji berupa sekor kambing.

Dalam riwayat lain disebutkan, bahwa gaji yang ditetapkan untuk Abu Bakar adalah sebesar 250 dinar per tahun, ditambah dengan seekor kambing. Namun, gaji tersebut ternyata tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga Abu Bakar. Hal itu karena sebagian gaji yang ia terima disedekahkan kembali ke baitul mal. []

Sumber: The Golden Story of Abu Bakar As-Shiddiq/ penulis: DR. Ahmad Hatta, MA/ Penerbit: Maghfirah Pustaka/ April 2014

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Saya Saudara Jauh Muawiyyah

Ada seorang lelaki tak dikenal ingin datang menjumpai Muawiyyah. Di depan rumah, ia berjumpa pertama kali dengan penjaga gerbang.

you're currently offline