Picture: Pinterest

Engkau Tidak Memberitahuku jika Telah Mendapat Amanah!

Abu Ubaidah bin Jarrah telah mendapatkan amanah berupa menjadi panglima perang menggantikan Khalid bin Walid. Namun, itulah Abu Ubaidah, sikapnya yang lembut membuatnya tak memberi tahu Khalid bin Walid bahwa ia telah mendapatkan amanah dengan menggantikan Khalid sebagai panglima.

Tak lama Khalid mengetahui amanah tersebut. Ia bertanya kepada Abu Ubaidah, “Semoga Allah megampunimu, engkau tidak memberitahuku jika telah mendapat amanah dari Amirul Mukminin untuk mejabat panglima, sementara engkau shalat di belakangku. Mengapa demikian?”

“Semoga Allah juga mengampunimu. Aku tidak akan memberi tahu kepadamu kecuali setelah engkau mendengar dari selainku. Aku tidak akan menyakitimu dengan perkataanku. Bukanlah dunia dan isinya yang aku inginkan. Bukan pula karena dunia aku beramal. Sebab dunia ini dan setiap yang engkau lihat akan lenyap,” jawab Abu Ubaidah.

“Sesungguhnya kita adalah bersaudara. Penegak perintah Allah tidak akan menyusahkan saudaranya, baik dalam urusan dunia maupun agama. Sebaliknya, pemimpin harus menyadari bahwa dirinya lebih dekat dengan fitnah, yang akan menjerumuskannya ke dalam kesalahan, kecuali orang-orang yang dilindungi Allah,” kata Khalid.

Setelah itu, Abu Ubaidah menujukan surat mandat Umar bin Khaththab kepada Khalid bin Walid. []

Sumber: The Golden Story of Umar bin Khaththab/ penulis: DR. Ahmad Hatta, MA/ Penerbit: Maghfirah Pustaka/ April 2014

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Saya Saudara Jauh Muawiyyah

Ada seorang lelaki tak dikenal ingin datang menjumpai Muawiyyah. Di depan rumah, ia berjumpa pertama kali dengan penjaga gerbang.

you're currently offline