Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Enam Tanda Anda Mencintai Nabi dengan Sungguh-sungguh

0 54

Sebagai umat Islam, kita diperintahkan untuk mencintai Rasulullah saw dan mengikuti jalannya, untuk menyembah Allah (subhaanahu wa ta’aala) sesuai dengan yang Dia perintahkan. Terkadang, sayangnya, klaim cinta kita gagal, dan karena itu ada tanda-tanda bahwa kita dapat merenungkannya untuk menganalisis seberapa besar cinta yang sesungguhnya kita miliki bagi manusia terbesar yang pernah berjalan di muka bumi, penuh dengan kedamaian dan berkah ini.

Berikut adalah setidaknya enam tanda bahwa Anda mencintai Nabi Muhammad SAW:

1. Anda mengikuti pesan yang dia sampaikan (Al Qur’an)

Tentu saja memerlukan pembacaan, pembelajaran, dan penerapan keputusan Pencipta yang diwahyukan melalui Rasul-Nya. Kepercayaan akan kitab suci adalah satu bagian dari iman; menerapkan keputusannya dalam hidup Anda adalah hal lain.

Tindakan: pelajari Al Qur’an setiap hari. Bacalah, pahami, terapkan, dan hafallah apa yang Anda bisa dari Quran.

2. Anda suka mengikuti Sunnah

Setiap individu akan bervariasi dalam mengungapkan cinta mereka terhadap Sunnah dan dengan demikian cinta mereka kepada Rasulullah (salAllaahu ‘alayhi wasallam). Semakin Anda mencintai Sunnah, semakin Anda akan mencoba menerapkannya dalam hidup Anda. Anda tidak akan pernah mendengar kata-kata “hanya sunnah” keluar dari mulut Anda, terutama karena Anda akan melakukan apapun untuk mengikuti jalannya. Sebagai gantinya, setiap kali Anda belajar tentang sunnah, Anda pasti ingin menerapkannya dalam hidup Anda. Bila Anda mengetahui bahwa ada sesuatu yang bertentangan dengan Sunnah, Anda cenderung menjauh dari hal itu. Anda juga memastikan bahwa apa yang Anda lakukan setiap hari memiliki dasar dalam Al Qur’an atau Sunnah.

Tindakan: pelajari Sunnah dari sumber asli dan terapkan ke dalam hidup Anda.

3. Anda mempelajari sirah Nabi dan mendorong orang lain untuk melakukannya

Setiap Muslim harus mempelajari biografi Nabi; cintanya, dedikasinya, ketulusan, keindahannya, karakternya yang agung, perhatiannya terhadap ummatnya, dan apa yang dia sampaikan untuk menyampaikan pesan ini ke seluruh dunia. Para sahabatbiasa mengajar anak-anak mereka sirah sejak usia muda. Inilah salah satu tanda terindah yang Anda cintai dari Rasulullah SAW karena Anda ingin tahu lebih banyak tentang dia dan hidupnya, dan seringkali Anda akan melihat orang-orang yang mencintainya mempelajari seerah beberapa kali.

Tindakan: Pelajari sirah dari sumber terpercaya dan terpercaya. Anda memiliki begitu banyak sumber daya di zaman sekarang ini sehingga tidak ada alasan untuk tidak bisa mendapatkan sirah. Selanjutnya, dorong keluarga dan teman Anda untuk juga mempelajari sirah dan berbagi permata kehidupan ini kepada orang lain.

4. Anda sering-sering mengucapkan shalawat kepada Nabi

Mengatakan “Allahumma sholi ‘ala Muhammad” adalah meminta kepada Allah untuk mengirimkan kedamaian dan rahmat kepada Rasul yang dicintai, dan setiap kali Anda melakukannya, Allah (swt) akan mengirimkannya kepada Anda 10 kali berkah dan karunia di dalam hidup Anda. Selanjutnya, setiap kali Anda mengirimkan shalawat kepadanya, malaikat yang ditunjuk di sebelah Rasulullah (salAllaahu ‘alaihi wasallam) menyampaikan doa Anda kepadanya. Akhirnya, semakin banyak Anda mengirimkan doa kepadanya, semakin dekat Anda kepadanya pada hari kiamat dan semakin banyak syafaatnya yang akan Anda dapatkan pada hari yang berat itu.

Tindakan: Cobalah untuk setidaknya memulai kebiasaan rutin melantunkan shalawat 10 kali kepadanya pada pagi dan 10 kali di malam hari dan kerjakan perjalanan Anda dari sana sepanjang siang dan malam, terutama setiap kali Anda mengingatnya atau kapan namanya disebutkan: salAllahu ‘alayhi wasallam.

5. Anda menyukai hal-hal yang dia cintai dan orang-orang yang dicintainya

Ini termasuk puasa hari Senin dan Kamis atau sholat di malam hari dan sunnan yang tak terhitung jumlahnya (seperti menggunakan siwak) serta orang-orang yang dicintainya dan orang-orang yang mencintainya, seperti Abu Bakr, Umar, Usman, Ali, nya seluruh keluarga, dan para sahabat pada umumnya. Ini adalah ujian sesungguhnya bagi banyak orang yang mengaku mencintai Rasul tapi tidak mencintai para sahabat.

6. Anda sering mengingat hidupnya dan ingin bersamanya

Bila Anda mencintai seseorang, Anda sering memikirkannya. Semakin Anda mencintai Rasulullah (salAllaahu ‘alayhi wasallam), semakin Anda akan merujuk kembali ke kehidupannya dan semakin Anda akan berdoa agar Allah memberi Anda kesempatan untuk bertemu dengannya di akhirat, di tingkat surga tertinggi.

Ya Allah, berikan kami cinta yang benar kepada Rasul dan Sunnahmu dan biarkan kami berada di jalannya dalam kehidupan ini dan bersukacita dengannya di kehidupan selanjutnya. []

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline