Picture: nzgamer.com

Empat Mukjizat Nabi Idris

Nabi Idris menurut riwayat dalam hadis Bukhari adalah kakeknya bapak Nuh a.s. Berarti Idris merupakan generasi keenam dari Adam, mengingat Nuh sendiri sebagai keturunan ke-10 dari Adam. Idris memiliki beberapa kelebihan atau mukjizat dari Allah swt. di antaranya adalah sebagai berikut:

(1) Dia manusia pertama yang pandai baca tulis dengan pena. Kepada Idris-lah Tuhan memberikan 30 sahifah atau suhuf, lembaran-lembaran ajaran Tuhan, berisi petunjuk untuk disampaikan kepada umatnya.

(2) Idris diberi bermacam-macam pengetahuan mulai dari merawat kuda, ilmu perbintangan (falaq), sampai ilmu berhitung atau matematika.

(3) Bahkan, nama Idris sendiri berasal dari kata Darasa yang artinya belajar. Idris memang sangat rajin mengkaji ajaran Allah swt. yang diturunkan kepada Adam atauu bahkan yang langsung kepada dirinya. Dia juga rajin mengkaji fenomena alam semesta, yang semua merupakan ayat dan pertanda dari Tuhannya.

(4) Idris juga sebagai manusia perdana yang pandai memotong dan menjahit pakaiannya. Orang-orang sebelumnya konon hanya mengenakan kulit binatang secara sederhana apa adanya untuk menjadi penutup aurat alias alat vitalnya.[]

Sumber: Mutiara Hikmah Kisah 25 Rasul/ Penulis: Dhurorudin Mashad/ Penerbit: Erlangga/ 2002

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Nabi Ibrahim Hanya Meninggikan Bangunan Kabah, Bukan Membuat Pondasi

Sebenarnya, yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah meninggikan Ka'bah, karena fondasi Ka'bah telah ada sebelumnya.

you're currently offline