Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Dosa Besar Manusia Pertama di Bumi

0 25

Ketika Allah menciptakan Adam, Allah memerintahkan iblis dan malaikat untuk bersujud kepada Adam. Malaikat menjalankan perintah Allah tersebut, tetapi berbeda dengan Iblis, Iblis malah membangkang dengan perintah Allah dan menyatakan dirinya lebih tinggi dari manusia yang hanya diciptakan dari tanah saja. 

Iblis merupakan musuh bagi Adan dan Hawa, namun mereka lupa tentang hal itu, sehingga mereka terjerumus ke dalam jebakan fitnah iblis yaitu dengan memakannya buah dari pohon yang dilarang oleh Allah subhaanahu wa ta’ala dan tersingkaplah aurat mereka. Sebelumnya, mereka belum pernah melihat aurat masing-masing.

Ketika tersingkap auratnya, Adam dan Hawa berusaha mengumpulkan lembaran daun dari pohon tersebut karena mereka merasa sangat malu. Dan atas dosa yang telah mereka lakukan, Allah subhaanahu wa ta’ala pun menegur mereka, “Bukankah Aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kepadamu: “Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?”

Adam dan Hawa pun menyadari besarnya dosa yang mereka perbuat terhadap Allah subhaanahu wa ta’ala, mereka merasakan penyesalan yang sangat dalam dan selalu berdoa memohon ampunan kepada Allah subhaanahu wa ta’ala,

 

Related Posts

Kesombongan Iblis

Api Pertama

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

 

Keduanya berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.” (Q.S. A l-A’raf ayat 23)

Sumber: Kisah 25 Nabi & Rasul

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements

you're currently offline