Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Doa yang Mendatangkan Seribu Pasukan Malaikat

0

Terdapat satu riwayat dari sahabat Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, Umar bin Khaththab Radhiyallahu ‘anhu. Oleh Imam Ibnu Katsir dalam Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim, riwayat ini dikutip dari Imam Ahmad bin Hanbal dengan sanad shahih.

Disebutkankah sebuah doa yang terbukti mustajab. Bukan hanya dikabulkan, ketika doa ini dibaca sampai usai, berulang kali, menghadap ke kiblat seraya menangis dengan tulus, Allah Ta’ala menurunkan ribuan malaikat sebagai penolong.

Baca juga: Orang Tua yang Menolak Doa Nabi

Kejadiannya saat berkecamuknya jihad Badar Al-Kubra. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengangkat kedua tangan hingga ketiaknya terlihat. Terdapat selendang di pundak beliau. Nabi melihat kaum Muslimin yang jumlahnya hanya 300 mujahid kurang lebih, kemudian mengarahkan tatapan kepada ribuan kaum kafir Quraisy.

Kedua golongan ini bertemu dengan misi yang berlainan.

اللهم انجزلي ما وعدتني، اللهم ان تهلك هذه العصا بة من اهل الاسلام فلا تعبد في الارض ابدا

“Ya Allah, penuhilah apa yang Engkau janjikan kepadaku. Ya Allah, jika sekelompok umat Islam ini binasa, niscaya Engkau tidak akan disembah lagi di bumi, selamanya.”

Umar bin Khattab melanjutkan, Nabi berulang kali memanjatkan doa ini sembari menangis. Saking kencangnya tangis, selendang beliau pun terjatuh.

Related Posts

Inilah yang Membuat Jejak Rasulullah Tak Terlihat

Melihat fenomena mengharukan tersebut, sahabat mulia Abu Bakar Ash-Shiddiq mendekap Nabi yang mulia dari arah belakang. Abu Bakar berupaya menenangkan dan meyakinkan Nabi atas nama saudara seiman.

“Wahai Nabi,” tutur Abu Bakar, “cukuplah permohonanmu kepada Rabbmu. Sesungguhnya Dia akan memenuhi apa yang telah dijanjikan-Nya.”

Tak berselang lama, Allah Ta’ala menurunkan satu ayat. Dalam ayat ini, Allah Ta’ala menegaskan kebenaran janji-Nya. Allah Ta’ala langsung menurunkan ribuan malaikat untuk menolong kaum Muslimin.

Para sahabat yang turut serta ikut menyaksikan ribuan malaikat yang hadir, dengan berbagai versi penceritaan. Ada yang menyatakan, ia melihat kepada kafir Quraisy tiba-tiba terpisah dari badannya karena dipenggal.

Sosok yang memenggal tak terlihat, hanya sekilas, selayak bayangan putih. Itulah malaikat.

“Ingatlah ketika kamu memohon pertolongan kepada Rabbmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu, ‘Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut.’” (Qs. Al-Anfal [8]: 9)

Baca juga: Zainul Abidin: Sumsum Ibadah Adalah Doa

Atas pertolongan Allah Ta’ala dengan turunnya seribu malaikat, kaum Muslimin memenangkan jihad Badar. 70 kafir Quraisy terbunuh. 70 lainnya menjadi tawanan.

Pertolongan hanya dari Allah Ta’ala. Dan kemenangan itu, dekat jaraknya. []

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline