Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Doa Umar bin Khattab

0

Umar bin Khattab pernah berkata kepada para sahabat, “Berdoalah.”

Maka, salah satu dari mereka berkata, “Aku berharap agar rumah ini dipenuhi dengan emas sehingga aku dapat membelanjakannya untuk kepentingan Allah dan memberikannya untuk amal.”

Yang lain berkata,”Aku berharap rumah ini dipenuhi dengan batu-batu berharga sehingga aku dapat membelanjakannya untuk kepentingan Allah dan memberi sedekah. ”

Umar kembali berkata, “Ayo berdoalah.”

Kali ini para sahabat tidak tahu harus berkata apa lagi.

Kemudian Umar berkata, “Aku mendoakan orang-orang seperti Abu Ubaydah bin Al-Jarrah, Muadz bin Jabal, Salim, hamba Abu Hudzaifah yang dibebaskan, dan Hudzaifah bin Al-Yaman.”

Sahabat ini dan sahabat lainnya adalah teman dan saudaranya dalam Iman. Umar biasa berkata: “Kamu harus mencari teman yang tulus, karena kamu akan bahagia dengan mereka; mereka akan menjadi sumber kesenangan pada saat kemudahan dan dukungan pada saat malapetaka. Berpikirlah positif tentang saudaramu sampai dia melakukan sesuatu yang membenarkan kepergianmu dari dia, dan menjauhkan diri dari musuhmu, dan waspadalah terhadap temanmu kecuali orang-orang yang dapat dipercaya, dan tidak ada orang yang dapat dipercaya kecuali orang yang takut kepada Allah. Jangan teruskan pertemenan dengan orang jahat agar tidak terpengaruh oleh kejahatannya, dan jangan katakan rahasia padanya. Sampaikanlah masalahmu kepada mereka yang takut akan Allah.” []

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline