Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Diamnya Abu Ubaidah bin Jarrah kepada Khalid bin Walid

0 2

Abu Ubaidah bin Jarrah telah mendapatkan amanah berupa menjadi panglima perang menggantikan Khalid bin Walid. Namun, itulah Abu Ubaidah, sikapnya yang lembut membuatnya tak memberi tahu Khalid bin Walid bahwa ia telah mendapatkan amanah dengan menggantikan Khalid sebagai panglima.

Tak lama Khalid mengetahui amanah tersebut. Ia bertanya kepada Abu Ubaidah, “Semoga Allah megampunimu, engkau tidak memberitahuku jika telah mendapat amanah dari Amirul Mukminin untuk mejabat panglima, sementara engkau shalat di belakangku. Mengapa demikian?”

“Semoga Allah juga mengampunimu. Aku tidak akan memberi tahu kepadamu kecuali setelah engkau mendengar dari selainku. Aku tidak akan menyakitimu dengan perkataanku. Bukanlah dunia dan isinya yang aku inginkan. Bukan pula karena dunia aku beramal. Sebab dunia ini dan setiap yang engkau lihat akan lenyap,” jawab Abu Ubaidah.

Related Posts

Gawatnya Persoalan setelah Rasulullah Wafat

“Sesungguhnya kita adalah bersaudara. Penegak perintah Allah tidak akan menyusahkan saudaranya, baik dalam urusan dunia maupun agama. Sebaliknya, pemimpin harus menyadari bahwa dirinya lebih dekat dengan fitnah, yang akan menjerumuskannya ke dalam kesalahan, kecuali orang-orang yang dilindungi Allah,” kata Khalid.

Setelah itu, Abu Ubaidah menujukan surat mandat Umar bin Khaththab kepada Khalid bin Walid. []

Sumber: The Golden Story of Umar bin Khaththab/ penulis: DR. Ahmad Hatta, MA/ Penerbit: Maghfirah Pustaka/ April 2014

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline