Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

di Atas Tempat Tidur Kematian Abu ‘Umran Menangis

0 3

Ibrahim berwasiat kepada Abu Al-Khaitsam Al-Muradi tentang putrinya-Mengenai hal tersebut Abu Al-Khaitsam Al-Muradi berkata, “Aku mendatangi Ibrahim ketika dia sedang sakit, lalu dia menangis. Maka aku pun bertanya, `Apa yang membuatmu menangis, wahai Abu `Umran?”

Dia menjawab, “Aku menangis bukan karena merisaukan dunia, akan tetapi karena kedua putriku An-Nakha’i juga berwasiat agar mereka tidak membangun kuburannya dengan batu bata `arjami, supaya dia dikuburkan di dalam Iiang lahat, dan supaya mereka tidak mengantarkan jenazahnya dengan api (dupa).”

Di dalam wasiatnya kita menemukan keimanan yang sempurna. Ketika dia berwasiat untuk mengembalikan harta yang dulu diberikan oleh istrinya, maka hal tersehut menunjukkan kepada sikap wara’ dari dirinya dan juga ketakwaannya.

Putri-putrinya yang menyibukkannya sampai dia meninggal dunia itu akan menjadi urusan yang berbuah pahala baginya. Di atas tempat tidur kematian Abu ‘Umran (lbrahim An-Nakha’i) menangis.

Maka orang-orang yang berkunjung kepadanya bertanya, “Apakah yang membuatmu menangis, wahai Abu Umar?”

Dia menjawab, “Bahaya apakah yang lehih besar daripada apa yang sedang aku hadapi saat ini?! Aku sedang menanti seorang utusan yang akan memberikan jawaban kepadaku dari sisi Tuhanku, mungkin ke surga dan mungkin pula ke neraka. Demi Allah, aku sungguh berharap jika ia tetap berada di kerongkonganku sampai hari Kiamat.”

An-Nakha’i pun meninggal dunia pada tahun 95 H, setelah dia mewariskan kekayaan fikih dan pengetahuan yang dikenal oleh seluruh kaum muslimin sampai saat ini. Sementara Kufah pun merasa bangga karena dia termasuk salah satu putra bangsanya yang ikhlas. []

Sumber: Kisah Para Tabiin/Penulis:Syaikh Abdul Mun’im Al-Hasyimi /Penerbit:Ummul Qura

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline