Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Cerita di Balik Surah Ali Imran Ayat 187-188

0

Diriwayatkan bahwa Marwan pernah berkata kepada pelayannya, “Wahai Rafi’, temuilah Ibnu Abbas dan tanyakanlah hal sebagai berikut, ‘Jika setiap orang yang pernah merasa gembira dengan apa yang dimilikinya dan suka untuk dipuji terhadap hal yang tidak pernah dia lakukan akan diazab (kelak di akhirat), niscaya tidak akan ada seorang pun dari kita yang selamat dari azab?'”

Ketika Ibnu Abbas mendengar hal tersebut dia berkata, “Kalian (kaum muslimin) tidak masuk dalam ancaman ayat ini. Ancaman tersebut ditujukan kepada orang-orang Yahudi.

“Ceritanya adalah suatu ketika Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam memanggil mereka untuk menanyakan suatu hal. Mereka lalu menyembunyikan jawaban yang sebenarnya dan sebaliknya memberikan jawaban yang keliru. Dengan jawaban yang tidak benar itu mereka lalu tetap merasa telah berhak untuk mendapatkan pujian dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam. Mereka juga merasa gembira dengan tindakan menyembunyikan ilmu yang dimiliki itu.”

Related Posts

Sebab Turunnya Surat An-Nisa’ Ayat 11-12

Selanjutnya Ibnu Abbas memyakan ayat, “Dan (ingatlah), ketika Allah inengambil janji dari orang-Orang yang ielah diberi kitab (yaitu), Hendaklah kamu menerangkan isi kitab itu kepada manusia, dan jangan kamu menyembunyikannya,” lalu mereka melemparkan janji itu ke belakang punggung mereka dan mereka menukarnya dengan harga yang sedikit. Amatlah buruknya tukaran yang mereka terima. Janganlah sekali-kali kamu menyangica bahwa orang-orang tjang gembira dengan apa yang telah mereka kerjakan dan mereka suka supaya dipuji terhadap perbuatan yang belum mereka kerjakan janganlah kamu menyangka bahwa mereka terlepas dari siksa, dan bagi mereka silcsa yang pipdih.'” (Ali Imran: 187-188) (HR Bukhari) []

Baca juga: Kecemburuan Hafshah, Menjadi Sebab Turunnya Ayat Ini

Sumber: Jiwa dalam bimbingan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam/Penulis: Dr Saad Riyadh/Penerbit: Muassasah Iqra,2004

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

you're currently offline