Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Benarkah Kita Mencintai Nabi Kita?

Apakah Anda mencintai Nabi Muhammad SAW? Sangat? Benarkah? Buktikan itu. Jika Anda benar-benar mencintainya, Anda akan mengikuti jejaknya. Dengan kata lain, Anda akan mengikuti sunnah. Apakah Anda mengikuti sunnah? Jawaban Anda mencerminkan cinta Anda kepada Nabi Muhammad.

Orang-orang mengikuti siapa yang mereka cintai. Jika Anda menyukai selebriti, Anda bertindak seperti selebriti itu. Anda berbicara seperti selebriti itu. Anda berpakaian seperti selebriti itu. Tapi bagaimana dengan Nabi Muhammad SAW? Orang bilang mereka mencintainya. Tapi mereka tidak melakukan apa yang dia lakukan. Mereka berkata: ‘Oh, itu hanya sunnah.’ Itulah alasan mengapa shalat sunnah. Mereka sangat mencintai Muhammad (SAW), mereka benar-benar berjalan mengikuti langkahnya. Tapi astaghfirullah, sekarang sudah jadi alasan. “Hanya sunnah saja, kau tidak perlu melakukannya.”

Bagaimana kita bisa secara fisik menunjukkan rasa cinta kita kepada Muhammad (SAW)? Ada banyak hadits tentang sunnah, dari mana kita memulai?

Read More

Jika kita mencari-cari hadits pasti kita akan menemukan yang tidak terlalu sulit. Inilah daftarnya:
Amalan-amalan sunnah yang harus kita tiru:

1. Tidur di awal malam dan bangun di awal pagi
2. Senyum yang menyenangkan
3. Menggunakan siwak
4. Senantiasa bersisir
5. Menerapkan aturan porsi 1/3 saat makan
6. Berbicara baik atau diam.
7. Melakukan hijama (bekam)
8. Menengok orang yang sakit
9. Duduk saat makan dan atau minum makan menggunakan tangan kanan
10. Tidur ke sebelah kanan
11. Mengatakan “Salam” dan “Bismillah” sebelum masuk rumah

Setiap hari, bisakah kita konsisten dengan semua sunnah tersebut? Mengatakan “Bismillah” sebelum memasuki sebuah bangunan, berbicara dengan baik dan selalu tersenyum! Harapan terbesar kita tentu saja adalah menemuinya di Jannah kelak! []

Artikel Terkait :

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More