Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Bahtera Nabi Nuh Menurut Ahli Kitab

0

Ketika Nabi Nuh a.s. hendak menjalankan perintah Tuhannya untuk membuat bahtera, ia pun memulainya dengan menanam pepohonan yang kayu-kayunya bisa menjadi bahan pembuatan bahtera. la menunggunya hingga seratus tahun, dan kemudian mengerjakannya selama seratus tahun pula. Ada yang mengatakan selama empat puluh tahun.

Ibnu Ishaq menyebutkan, bahwa bahan bahtera Nabi Nuh a.s. adalah dari kayu jati. Pendapat lain mengatakan, dari kayu Shanubar.

Dan menurut Ahli Kitab, panjang perahu Nabi Nuh mencapai delapan puluh hasta, sedangkan lebarnya lima puluh hasta. Nuh juga mencat bagian luar dan bagian dalam kapalnya dengan ter. Sementara untuk mencegah masuknya air ke dalam perahu, ia juga membuat haluan.

Qatadah menyebutkan bahwa panjang kapal Nabi Nuh a.s. mencapai tiga ratus hasta, sedangkan lebamya lima puluh hasta.

Al-Hasan al-Bashri menyebutkan bahwa panjangnya mencapai enam ratus hasta dan lebarnya tiga ratus hasta.

Ahli sejarah berselisih pendapat tentang panjang dan lebarnya bahtera tersebut. Ada yang menyatakan panjangnya 80 dziro’ dan lebarnya 50 dziro’, ada yang menyatakan panjangnya 300 dziro’ dan lebarnya 50 dziro’. Kalau 1 dziro’ samadengan 0,5 meter, hitunglah berapa luasnya. Tetapi mereka bersepakat bahwa tingginya 30 dziro’.

Sedangkan Ibnu Abbas menyebutkan, panjangnya seribu dua ratus hasta, lebamya enam ratus hasta, tingginya tiga puluh hasta, dan terdiri dari tiga tingkat. Tingkat pertama untuk memuat binatang buas dan merayap, lantai kedua untuk manusia, dan lantai ketiga untuk unggas dan burung-burung.

Bahtera itu mempunyai pintu yang terletak di tengah dan mempunyai daun pintu yang mengunci rapat dari atas. Di setiap ruas kayu, baik dari dalam maupun luar, dilumuri dengan tir yang berfungsi menahan air agar tidak bisa masuk.

Wallahu a’lam []

Baca juga: Di Mana Kapal Nabi Nuh?

Sumber: Umur dan Silsilah Para Nabi/Penulis: Jihad Muhammad Hajjaj

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

you're currently offline