Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Bahayanya makan Sampai Kenyang

0

Dari ‘Aun bin Abdullah yang berkata, “Bani Israil punya pemimpin yang bertugas mengurusi para ahli ibadah dan orang-orang yang bertahajud di Baitul Maqdis. Orang ini biasa menyeru, “Wahai para ahli ibadah jangan makan terlalu banyak, karena kalau kalian makan terlalu banyak, maka kalian akan banyak minum dan kalau sudah begitu kalian akan banyak tidur, sehingga shalat kalian menjadi sedikit. Akibatnya, kalian akan banyak merugi.”

Diriwayatkan ada seorang laki-laki datang kepada Muhammad bin Sirin dan berkata padanya, “Ajari aku ibadah dan shalat malam.”

Ibnu Sirin berkata padanya, “Ceritakan padaku tentang dirimu, bagaimana kamu makan?”

Dia berkata,”Aku makan sampai kenyang.”

Ibnu Sirin,”Itu adalah cara makannya binatang.” “Kalau minum bagaimana?”

“Aku minum sampai kenyang.” “Itu adalah cara minumnya ternak.

“Kalau begitu pergilah dan belajar dulu cara makan dan minum yang benar baru datang lagi kemari untuk aku ajari bagaimana cara ibadah.”

Ibrahim bin Adham rahimahullah, dia berkata, “Siapa yang perutnya lurus maka agamanya juga akan lurus. Siapa yang memiliki rasa laparnya maka dia juga akan memiliki akhlak yang baik, sesungguhnya maksiat kepada Allah itu jauh dari orang yang lapar.” []

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline