Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Bagaimanakah Sandal Rasulullah?

0

Bagaimanakah sandal Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam, itu?

Diriwayatkan dari Anas bin Malik, “Sandal Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam, kedua belahnya mempunyai tali qibal.” (Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari Abu Daud at Thayalisi, dari Hamman yang bersumber dari Qatadah)

Tali qibal adalah tali sandal yang bersatu pada bagian mukanya dan terjepit di antara dua jari kaki.

Read More

“Janganlah diantara kalian berjalan dengan sandal sebelah. Hendaklah memakai keduanya.” (Diriwayatkan oleh Ishaq bin Musa al Anshari, dari Ma’an, dari Malik, dari Abiz Zinad, dari al A’raj yang bersumber dari Abu Hurairah r.a.)

“Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam. melarang seorang laki-laki makan dengan tangan kiri dan berjalan dengan sandal sebelah.” (Diriwayatkan oleh Ishaq bin Musa, dari Ma’an, dari Malik, dari Abi Zubair, yang bersumber dari Jabir r.a.)

Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda, “Bila salah seorang diantara kalian hendak memakai sandal hendaklah ia memulainya dari yang sebelah kanan. Dan bila ia melepasnya, maka hendaklah dimulai dari yang sebelah kiri. Hendaklah posisi kanan dijadikan yang pertama kali dipasangi sandal dan yang terakhir kali dilepas.” (Diriwayatkan oleh Qutaibah, dari Malik, dan diriwayatkan pula oleh Ishaq bin Musa ,dari Ma’an, dari Malik, dari Abu Zinad, dari A’raj yang bersumber dari Abu Hurairah r.a.) []

Sumber: Jejak Rasulullah

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More