Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Aswad Al-‘Ansi, Pemberontak dari Yaman yang Mengaku Nabi

0

Aswad ‘Ansi, satu dari sekian banyak orang munafik yang mengaku Nabi. Ia muncul dari Yaman sebagai kepala kabilah dan orang kaya.

BACA JUGA: Terbunuhnya Nabi Palsu, Aswad Al-Ansi

Dengan kata-katanya, ia mengaku telah melakukan hubungan dengan dunia ruh dan mencoba untuk menyuarakan ilhamnya itu kepada tengah-tengah umat.

Pada saat yang sama, dia masuk ke dalam persekutuan rahasia dengan para kepala suku tetangganya, dan ketika dia merasa telah mengumpulkan cukup kekuatan untuk melakukan pemberontakan terhadap Islam dan mengusir para utusan Nabi di beberapa daerah.

Hal tersebut terjadi pada tahun 10 H. Aswad menjajah Najran dan menggabungkan provinsi itu. Dia juga mengambil alih San’a, ibukota Yaman, yang kemudian membantai Gubernur Shahr bin Bazan, dan mengawini jandanya.

Dengan otomatis, dia dapat memerintah provinsi Yaman dan seluruh Arabia selatan. Berita itu pun sampai ke Nabi. Beliau mengutus Mu’adz bin Jabal dan beberapa perwira untuk meredam pemberontakan.

Atas pertolongan Allah, pada suatu hari kerabat dekat dari gubernur Yaman bernama Fairuz Dailami, menyelinap ke istana Aswad dan membunuhnya.

BACA JUGA: Mengenal Aswad bin Yazid Lebih Dekat

Hal tersebut terjadi dua hari sebelum Nabi wafat, tetapi beritanya baru diterima di Madinah setelah Abu Bakar diproklamirkan sebagai Khalifah. []

Sumber: Early Caliphate/karya Maulana Muhammad Ali

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline