Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Apakah Kamu Ingin Membunuhnya Dua Kali?

0 24

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam merupakan orang yang penyayang, tidak hanya terhadap sesama muslim saja, namun terhadap hewan pun ia sangat memperhatikan. Seperti dalan beberapa hadits berikut ini.

Ibnu Mas’ud dalam hadits shahih lain mengutarakan, suatu saat, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam berada dalam perjalanan untuk suatu keperluan. Di tengah perjalanan, beberapa sahabat melihat seekor Humarah (burung berwarna merah) bersama kedua anaknya. Salah seorang sahabat mengambil kedua anak hewan tersebut.

BACA JUGA: Hewan dari Jahannam Itu Mengincar Manusia

Tak lama kemudian, si induk datang dan berjalan berputar-putar di sekeliling mereka. Sang induk mengepak-ngepakkan kedua sayap, kebingungan mencari anak-anaknya.

Saat melihat kejadian itu, Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam berkata kepada para sahabat, “Siapa yang mengganggu induk burung ini dan anak-anaknya? Kembalikanlah anak burung itu kepada induknya.”

Suatu hari, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam melihat seorang lelaki merebahkan kambing di tanah, menginjakkan kakinya di leher hewan itu, sambil memegangnya untuk disembelih. Dalam waktu bersamaan, dia masih mengasah pisaunya.

Melihat hal ini, Rasulullah marah dan bersabda, “Apakah kamu ingin membunuhnya dua kali? Tidakkah kamu asah dulu pisaumu, sebelum kamu merebahkannya?” (HR. Al-Hakim, shahih sesuai syarat Bukhari dan Muslim)

Di hari lain, Nabi Muhammad melihat sangkar semut yang dibakar. Ia bertanya, “Siapa yang telah membakar rumah semut ini?”

Seorang sahabat menjawab, “Saya.”

BACA JUGA: Pemimpin Kaum Muslimin Seorang yang Penyayang

Mendengar pengakuan itu Nabi marah dan bersabda, “Tidak sepatutnya menyiksa dengan api, kecuali Tuhannya api (yaitu Allah).” (HR. Abu Dawud).

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam pernah memiringkan bejana untuk seekor kucing sehingga hewan tersebut bisa minum air darinya. Kemudian ia berwudhu dengan sisanya. (HR. al-Thabrani dengan sanad shahih) []

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline