Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Apakah Engkau Bersaksi atas Dirimu Sendiri Bahwa Engkau Kafir?

0 1

Seorang kakek tua dari kabilah yang bernama Khats’am datang, dia adalah orang yang menjauhkan dirinya dari kedua kelompok itu, tidak membela salah satu di antara mereka berdua.

Lalu ketika dia telah berada di hadapan Al-Hajjaj, dia pun berkata, “Wahai Amirul Mukminin, sejak api peperangan itu berkobar aku terus mengasingkan diriku di negeri Ma Wara’an Nahri ini sambil menunggu akhir dari pertempuran. Lalu ketika engkau menang maka aku pun datang kepadamu untuk berbai’at.”

Al-Hajjaj pun berkata, “Celakalah engkau apakah engkau hanya duduk diam dan tidak ikut berperang bersama pemimpinmu? Apakah engkau bersaksi atas dirimu sendiri bahwa engkau kafir?”

Kakek itu menjawab, “Seburuk-buruknya orang adalah aku jika aku telah menyembah Allah selama delapan puluh tahun, kemudian aku bersaksi atas diriku sendiri dengan kekufuran.”

Maka Al-Hajjaj berkata, “Kalau begitu kami akan membunuhmu.”

Kakek itu berkata, “Apa ruginya bagiku jika engkau membunuhku?! Demi Allah, tidak ada lagi yang tersisa dari umurku kecuali seperti kehausan keledai, ia minum pada pagi hari dan akan mati pada sore harinya. Dan sungguh, aku senantiasa menantikan kematian pagi dan petang. Maka lakukanlah apa yang ingin engkau lakukan.”

Maka Al-Hajjaj berkata kepada salah seorang tentaranya, “Penggalah lehernya.”

Semua orang yang hadir dalam majelis tersebut pun merasakan kesedihan karena kakek tua ini seraya mengatakan, “Rahimahullah (semoga Allah memberi rahmat serta ampunan kepadanya).”

Akhirnya berita tentang pembantaian yang menyebabkan kematian bagi ribuan orang-orang mukmin yang berpegang teguh pada keimanan dan agamanya dengan penuh ketetapan hati ini pun sampai kepada Sa’id bin Jubair. Maka dia pun merasa bahwa pada suatu hari nanti dia pasti akan sampai ke hadapan Al-Hajjaj dalam situasi seperti ini. []

Sumber: Kisah Para Tabiin/Penulis:Syaikh Abdul Mun’im Al-Hasyimi /Penerbit:Ummul Qura

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline