Picture: Pixabay

Apakah Aku harus Bersedekah?

Asma binti Abu Bakar merupakan seorang muslimah yang baik, murah hati, serta dermawan.

Kemurahan hati dan kedermawanan Asma menjadi teladan. Diriwayatkan dari Muhammad bin Munkadir, ia berkata, ‘Asma binti Abu Bakar berjiwa murah hati. (HR. Ibnu Sa’ad)

Diriwayatkan dari Qasim bin Muhammad, “Aku mendengar Ibnu Zubair berkata, ‘Tidak pernah aku melihat seorang wanita pun yang lebih murah hati dari Aisyah dan Asma’. Kemurahan hati keduanya berbeda. Adapun Aisyah, ia mengumpulkan sesuatu hingga setelah terkumpul, kemudian ia bagi-bagikan. Sementara Asma, ia tidak pernah menyimpan apa pun hingga esok hari.”

Meski Zubair miskin, namun Asma berjiwa murah hati dan suka memberi. Ia selalu berpesan kepada putri-putri dan keluarganya. “Berinfaklah dan bersedekahlah. Jangan menunggu sampai ada lebihan. Jika kalian menunggu adanya lebihan, kalian tidak akan punya kelebihan apa pun. Namun jika kalian bersedekah, kalian tidak akan kekurangan.”
Suatu ketika Asma datang menemui Rasulullah dan ia berkata, “Wahai Rasulullah! Aku tidak punya apa pun selain yang dibawa pulang Zubair. apakah aku harus bersedekah?”

Rasulullah menjawab, “Bersedekahlah dan jangan menyimpan harta, sehingga rezekimu terhenti?“

Karena pesan Rasulullah tersebut, Asma gemar berinfak dengan murah hati. []

Sumber: Biografi 35 Shahabiyah Nabi/ penulis: Syaikh Mahmud al-Mishri/ penerbit: Ummul Qura/ Agustus 2016

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Saya Saudara Jauh Muawiyyah

Ada seorang lelaki tak dikenal ingin datang menjumpai Muawiyyah. Di depan rumah, ia berjumpa pertama kali dengan penjaga gerbang.

you're currently offline