Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Pria Tampan yang Menjadi Pujaan Wanita di Masa Umar bin Khattab

0

Diriwayatkan bahwa pada masa Umar bin Khattab, ada seorang wanita yang selalu merindukan seorang pria bernama Nashr bin Hujjaj. Bahkan, untuk mengisi kerinduannya tersebut, wanita itu berniat minum arak.

Melihat hal ini, Umar bin Khattab kemudian memanggil pria yang menjadi pujaan hati wanita itu. Setelah melihatnya, Umar bin Khattab mengakui bahwa pemuda itu memiliki rambut yang sangat indah dan wajah yang tampan.

Akhirnya Umar berniat merubah pria tersebut agar tidak membuat wanita yang melihatnya merasa jatuh cinta padanya. Umar pun memotong rambut pria itu untuk mengurangi ketampanannya. Akan tetapi, setelah dipotong rambutnya wajah pemuda tersebut menjadi semakin tampan.

Related Posts

Wasiat Abu Bakar yang Membuat Umar Menangis

Lalu, Umar bin Khattab menyuruh pria tersebut untuk memakai sorban. Akan tetapi, setelah memakai sorban wajahnya pun terlihat semakin tampan. Maka, Umar pun berkata, “Saya tidak dapat tinggal bersama orang yang berwajah tampan dan selalu diidamkan oleh kaum wanita.”

Kemudian Umar mengambil kebijaksanaan yaitu memberikan modal kepada pemuda tersebut untuk berdagang ke bashrah. Dengan kebijaksanaannya itu, seakan-akan Umar telah bertindak sewenang-wenang kepada Nashr bin Hujjaj, akan tetapi, hal ini ia lakukan demi kemaslahatan (kepentingan) yang lebih besar. Meskipun tindakan ini tak memiliki dalil yang kuat, namun ini merupakan sebagian dari ketegasan Umar. []

Sumber: Kejeniusan Umar/ Penulis: Abbas Mahmud AL Akkad/ Penerbit: Pustaka Azzam, 2002

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

you're currently offline