Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Andai Kita Hidup di Zaman Umar bin Abdul Aziz

0

Suatu waktu, Khalifah Umar bin Abdul Aziz ra. Menulis surat intruksi kepada para gubernur agar melunasi utang-utang penduduk.

BACA JUGA: Tatkala Umar bin Abdul Aziz menjadi Khalifah

Salah satu gubernur menulis surat kepada khalifah atas perintah itu:

“Di antara mereka yang berutang, terdapat orang-orang yang memiliki rumah, sanggup mempekerjakan pelayan rumah tangga, memiliki kuda, dan memiliki perabot rumah tangga.”

Khalifah pun membalas:

“Setiap muslim harus mempunyai rumah tinggal sebagai tempat berlindung, seorang pelayan yang membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, seekor kuda untuk berjihad melawan musuk, dan perabot rumah tangga demi kelancaran hidup sehari-hari. Kalau dia termasuk orang yang berutang, lunasilah seluruh utangnya.”

Betapa makmur dan sejahteranya hidup saat era Khalifah Umar bin Abdul Aziz ra. Rumah, pelayan, kuda dan perabot rumah tangga dianggap kebutuhan pokok, sehingga semuanya tak boleh dijual hanya untuk melunasi utang-utang.

BACA JUGA: Umar bin Abdul Aziz Berani Menentang Khalifah

Selama kas negara masih bisa menutupi, maka semuanya yang diharuskan akan tetap ditanggung oleh negara. Begitulah hidup sejalan, sistem Islami, warga yang budiman dan pemimpin yang adil. Masyarakat madani dan sejahtera. []

Sumber: Hikmah dalam Humor, Kisah dan Pepatah jilid 5/ karya Abdul Aziz Salim Basyarahil

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline