Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Anak yang Hendak Disembelih

0

Dia adalah anak pertama yang kelahirannya begitu didamba.
Tumbuh dengan kasih sayang ibunda Hajar. Padang pasir Makkah yang tandus menjadi saksi atas ketangguhannya dalam menyikapi persoalan hidup. Cobaan demi cobaan menjadikan dia sosok yang tangguh.

Tatkala itu, sang ayahanda Ibrahim yang mana kembali untuk melihat keadaan anak dan istrinya itu, bermimpi. Begitu terbangun ia berdebar-debar. Bagaimana tidak? Ia begitu menyayangi Ismail, namun Allah menghendaki anak yang sangat dicintainya itu untuk dijadikan kurban.

Dengan ragu Ibrahim berkata, “Wahai Ismail, aku tadi malam diperintah Allah untuk menyerahkanmu sebagai kurban: Aku harus menyembelihmu, sekarang, bagaimanakah pendapatmu, Nak?”

BACA JUGA: Siapa Ibu dari Anak yang Hendak Disembelih Itu?

“Wahai ayah, sekiranya itu perintah Allah maka laksanakanlah apa yang diperintahkan itu, dan aku akan tetap sabar dan ikhlas,” jawab Ismail mantap.

Mendengar itu, iblis yang mana selalu merintangi perintah Allah, membujuk Ismail berulang kali agar enggan melaksanakan perintah tersebut.

BACA JUGA: Wanita yang Membawa Kain Kafan

Namun, godaan iblis tak mampu meruntuhkan keimanannya.

Wajah Ismail ditutup dengan kain putih. Dan ketika pedang telah berada di leher Ismail. Hampir saja menempel, mendadak tubuh Ismail diganti dengan seekor kambing yang gemuk. Malaikat Jibril yang melakukannya. Dengan demikian selamatlah Ismail dari penyembelihan.

BACA JUGA: Air Zamzam Mengalir di Kaki Isma’il

Allah berfirman kepada Ibrahim: “Hai Ibrahim, kau sudah melaksanakan perintah-Ku dengan ikhlas. Dan sekarang sebagai gantinya Aku berikan binatang ternak untuk disembelih. Ini adalah cobaan yang sangat besar bagimu.”

Peristiwa itu terjadi pada tanggal 10 Dzulhijah di Mina. Yang pada saat ini dikenal dengan nama Hari Raya Kurban. []

Sumber: 25 Nabi dan Rasul/ Karya: MB. Rahimsyah dan Rizky Gunawan/ Penerbit: CV. Pustaka Agung Harapan

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More