Picture: planetxnews.com

Anak Kecil yang Menanti Sang Ayah dari Medan Perang

Setelah selesai peperangan di Muktah, pasukan kaum Muslim yang bertempur di medan Perang Muktah akan kembali ke Madinah. Para keluarga yang ditinggal telah bersiap-siap menyambut kedatangan mereka. Salah seorang di antaranya ialah seorang anak kecil yang juga bersiap untuk bertemu ayahnya yang menjadi salah seorang panglima di perang tersebut.

Namun, hingga seluruh pasukan memasuki kota dan berkumpul dengan keluarganya, anak itu tak juga menjumpai ayahnya. la tahu bila ayahnya tak kunjung juga datang maka dapat dipastikan bahwa sang ayah telah syahid. Ternyata sesuai dugaan ayahnya menjadi salah seorang yang syahid di medan perang tersebut.

Ayahnya, sang pemilik dua sayap di surga, telah menghadap Sang Pencipta. Rasulullah saw. yang melihat hal tersebut segera menghibur anak tersebut bersama dengan saudaranya yang lain. Rasulullah saw. mengajak mereka bermain sehingga mereka melupakan kesedihan yang telah menimpa. Tak lupa Rasulullah mendoakan mereka agar selalu diberi rahmat oleh Allah.

Ayah dari anak kecil tersebut adalah, “Ja’far bin Abu Thalib, bayi pertama yang lahir di Habasyah ketika kaum Muslim berhijrah ke negeri tersebut.

Sedangkan, anak kecil itu adalah Abdullah. Abdullah ini putra dari Jafar bin Abi Thalib, saudara sepupu Rasulullah. lbunya bernama Asma binti Umais. []

Sumber: Para Abdullah di Sekitar Rasulullah/ Haeriah Syamsuddin/Khazanah Intelektual/ 2013

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Saya Saudara Jauh Muawiyyah

Ada seorang lelaki tak dikenal ingin datang menjumpai Muawiyyah. Di depan rumah, ia berjumpa pertama kali dengan penjaga gerbang.

you're currently offline