Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Ali bin Abi Thalib: Aku Ya Rasulullah

0 38

“Demi Allah, kalian akan mati sebagaimana kalian tidur dan kalian akan dibangkitkan kembali sebagaimana kalian bangun tidur. Kalian akan dihisab tentang apa yang telah kalian lakukan. Kebaikan dibalas dengan kebaikan dan kejahatan dibalas dengan kejahatan, dan kelak kalian akan mendapat surga selama-lamanya atau neraka selama-lamanya. Demi Allah aku tidak mengetahui orang sebelum aku membawa sesuatu yang lebih utama dari yang aku bawa untuk kalian. Aku membawa untuk kalian kebaikan dunia dan akhirat. Kemudian Nabi Saw melanjutkan sabdanya:

“Selamatkan diri kalian dari siksa neraka. Sesungguhnya aku tidak bisa menolong kalian dari siksa Allah. Sesungguhnya aku adalah hanya seorang pemberi peringatan nyata bagi kamu dari siksa yang pedih.”

Abu Lahab, paman Rasulullah Saw yang pada waktu itu ikut hadir berseru dengan berang, “Binasalah kamu Muhammad, apakah untuk itu kamu mengumpulkan kami?”

Tetapi Nabi Saw tidak putus asa. Dengan tenang dan penuh sabar ia menahan diri dan berkata, “Aku mengajak kalian kepada dua kalimat yang ringan diucapkan lidah dan berat dalam timbangan, yakni bersyahadat ‘tidak ada Tuhan kecuali Allah dan bahwa Muhammad utusan Allah’. Siapa yang menyambut ajakanku dan ingin ikut mendukung?”

Ali, si pemuda remaja bangkit di tengah-tengah kerumunan massa dan berseru, “Aku, ya Rasulullah, dan aku paling muda usia!”

Tidak seorangpun dari yang hadir menerima ajakan Nabi Saw kecuali Ali. Dialah orang pertama yang bersedia berkorban untuk Rasulullah Saw ketika tidur di tempat Nabi Saw, pada waktu rumah beliau dikepung dan akan dibunuh menjelang hijrah ke Madinah. []

10 Orang Dijamin Ke Surga/ Penulis: al-Latif Ahmad ‘Ashur/ 1991

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline