Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Alasan Umar Tak Memihak pada Kedua Belah Pihak

0 44

Ketika terjadinya Perang antara Ali bin Abi Thalib dan Muawiyah, Abul ‘Aliyah al-Barra berkata, “Pada suatu hari saya berjalan di belakang Ibnu Umar tanpa diketahuinya. Maka saya dengar ia berbicara kepada dirinya, ‘Mereka letakkan pedang-pedang mereka di atas pundak-pundak lainnya, mereka berbunuhan lalu berkata, “Hai Abdullah bin Umar ikutlah dan berikan bantuan.”

la amat menyesal dan duka melihat darah Kaum Muslimin tertumpah oleh sesamanya. Dan sekiranya ia mampu menghentikan peperangan dan menjaga darah tertumpah pastilah akan dilakukannya, tetapi suasana ternyata tidak mengidzinkan, oleh sebab itu dijauhinya.

Penolakannya berperang di pihak Ali bin Abi Thalib yang sebenarnya mempertahankan haq dan berada di pihak yang benar, dilakukan­nya bukan dengan maksud hendak lari atau menyelamatkan diri,

Tetapi karena tidak setuju dengan semua perselisihan dan fitnah itu, serta menghindari peperangan yang terjadi antara sesama Muslimin yang saling menerkam saudaranya.

Nafi’ pernah bertanya kepadanya, “Hai Abu Abdurrahman, anda adalah putera Umar dan shahabat Rasulullah saw…! Tetapi apa yang menghalangi anda bertindak (membela Ali)?”

Maka ujarnya, “Sebabnya ialah karena Allah Ta’ala telah mengharamkan atasku menumpahkan darah Muslim! Firman-Nya ‘Azza wa Jalla, “Perangilah mereka itu hingga tak ada lagi fitnah dan hingga orang-orang beragama itu semata ikhlas karena Allah.” (Q.S. 2 al-Baqarah: 193)

Sebetulnya hati kecilnya berpihak kepada Ali bin Abi Thalib, bahkan pada lahirnya Ibnu Umar yakin bahwa Ali di pihak yang benar, hingga diriwayatkan bahwa setelah ia menganalisa semua peristiwa dan situasi pada akhir hidupnya itu ia berkata, “Tiada sesuatu pun yang saya sesalkan karena tidak kuperoleh, kecuali suatu hal, aku sangat menyesal tidak mendampingi Ali dalam memerangi golongan pendurhaka…!” []

Sumber: Karakteristik Perihidup 60 Sahabat Rasulullah/ Penulis : Khalid Muhammad Khalid/ Penerbit : CV Diponegoro

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline