Picture: Freepik

Aku Bepergian Bersama Abu Bakar dan Umar

Ibnu Abbas menuturkan, “Setelah jasad Umar bin Khattab diletakkan di atas tempat tidurnya, orang-orang berkumpul lalu mendoakan dan menshalatinya sebelum kemudian dimakamkan. Saat itu aku bersama dengan banyak orang, aku tidak terkejut kecuali setelah ada orang yang meletakkan siku lengannya di bahuku, ternyata ia adalah Ali bin Abi Thalib.

Kemudian Ali berdoa memohonkan rahmat untuk Umar dan berkata, ‘Sama sekali tidak engkau tinggalkan seorang pun yang lebih aku sukai agar Allah memberi balasan sesuai keistimewaan amalnya daripada engkau.’ Demi Allah, sungguh aku yakin sekali bahwa Allah akan menjadikanmu bersama kedua sahabatmu (Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam dan Abu Bakar ash-Shiddiq) dikarenakan aku sering sekali mendengar Nabi bersabda, ‘Aku bepergian bersama Abu Bakar dan Umar. Aku masuk bersama Abu Bakar dan Umar. Aku keluar bersama Abu Bakar dan Umar.’

 

Sumber: Dr. Utsman Qadri Mukanisi. 2017. Cerita-Cerita Memikat dari Sahabat. Jakarta: Qalam.

About Dika Nugraha

Al-Qur'an & As-Sunnah

Check Also

Nabi Ibrahim Hanya Meninggikan Bangunan Kabah, Bukan Membuat Pondasi

Sebenarnya, yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah meninggikan Ka'bah, karena fondasi Ka'bah telah ada sebelumnya.

you're currently offline