Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Akibat Angin Baru pada Pemerintahan Utsman

0

Pemerintahan Utsman bin Affan membawa angin baru setelah pemerintahan Umar bin Khattab. Di mana terdapat perbedaan karakter antara keduanya. Umar terkenal dengan kepribadiannya yang tegas, sementara Utsman senantiasa lemah lembut dan toleransi kepada masyarakatnya.

BACA JUGA: Pidato Utsman bin Affan saat Pengepungan

Pada awalnya, banyak masyarakat menyukai kepribadian beliau. Namun, dari situlah muncul sifat berani melawan pemimpin.

Sampai Ustman pun pernah berkata pada pemberontak, “Apa kalian tahu kenapa kalian berani padaku? Kalian berani padaku tidak lain karena sifat lemah lembutku.”

Diriwayatkan dari Salim bin Abdullah Umar, bahwa ayahnya (Ibnu Umar) pernah berkata, “Mereka telah mencela beberapa hal dari Utsman, yang seandainya hal-hal tersebut dilakukan oleh Umar, yang seandainya hal-hal tersebut dilakukan oleh Umar, niscaya mereka tidak berani mencelanya.”

Sama halnya ketika Utsman berdialog dengan Khawarij dan berhasil membongkar rencana mereka. Para sahabat bersikukuh agar Utsman memberikan perintah untuk membunuh mereka. Tetapi apa yang dilakukan Utsman?

Ya, hal itu tidak diindahkannya.

Utsman menolak, seraya berkata, “Sebaliknya, kita maafkan dan kita terima mereka. Kita harus senantiasa mengawasi mereka. Kita juga tidak membunuh seorang pun, kecuali jika ia melanggar had atau menampakkan kekafiran.”

BACA JUGA: Al-Hujuraat Ayat 13 dalam Pemerintahan Umar bin Khattab (Bagian 1)

Jadi, ibrah apa yang bisa kita ambil dari kepemimpinan Utsman?

Yaitu memaafkan. Memberikan maaf merupakan akhlak mulia. Entah pada siapa pun itu, kecuali jika orang lain tersebut menampakkan ciri-ciri kekafiran yang akan membawa keburukan pada keberlangsungan kehidupan umat. []

Oleh: Nida Nur Fadillah

Sumber: Utsman Bin Affan: Tragedi Kematian Sang Khalifah/Abu Jannah/Pustaka Al-Inabah: Jakarta.

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline