Picture: NA HỒ BLOG

Aisyah, Saudah dan Rasulullah, Bersama dengan Bercanda

Suatu hari Saudah binti Zam’ah istri Rasulullah yang pertama setelah wafatnya Khadijah datang mengunjungi kediaman Aisyah binti Abu Bakar, istri kedua setelah Saudah. Ketika saat itu tengah ada Rasulullah di rumah Aisyah.

Rasulullah duduk di antara Aisyah dan Saudah. Sedangkan satu kaki beliau berada di pangkuan Aisyah dan satunya berada di pangkuan Saudah.

Maka Aisyah mengambilkan untuknya makanan (yang terbuat dari bahan tepung dan air susu) lalu Aisyah berkata kepada Saudah sembari memberikan makanan yang dibawakan oleh Aisyah, “Makanlah!”

Saudah menolaknya dengan berkata, “Aku sedang tidak berselera makan.”

Aisyah menjawab,”Demi Allah, makanlah atau aku akan mengotori wajahmu.”

Saudah kembali menolak dengan berkata, “Aku tak akan mencicipinya.”

Lalu, Aisyah mengambil makanan dari mangkuk yang besar dan melumurkannya ke wajah Saudah.

Melihat tingkah Aisyah yang demikian itu membuat Rasulullah tertawa. Lalu Rasulullah Saw mengangkat kaki beliau dari pangkuan Saudah, Rasulullah memberikan ruang untuk Saudah membalas Aisyah. Rasulullah berkata, “Kotorilah mukanya!”

Lalu Saudah mengambil makanan dari mangkuk besar dan melumurkannya ke muka Aisyah, dan Rasulullah Saw tertawa melihat tingkah kedua istrinya tersebut.

Sumber: Kesetiaan Nabi Bersama Istri/ Penulis: Adib Al-Kamdani/ Penerbit: Pustaka Arafah/ Maret, 2007

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Beginilah Akhirnya Bila Hanya Mencintai Rupa

Menyikapi teguran saudarinya, Abdurrahman berkata, “Tidakkah engkau saksikan betapa indah giginya, yang bagaikan biji delima?”

you're currently offline