Picture: Vecteezy

Agenda Prioritas Pemerintahan Abu Bakar

Gerakan murtad mulai muncul sejak tahun ke-9 Hijriyah. Pada tahun itu, para pemimpin kabilah di seluruh penjuru Jazirah Arab melalui utusannya menyerahkan kepemimpinan mereka kepada Rasulullah. Oleh karenanya, tahun itu dikenal dengan sebutan ‘Amul Wufud (Tahun para Utusan).

Pada saat itu, gerakan kemurtadan belum terlalu terbuka, mereka menyembunyikan kemurtadan mereka. Namun, pada akhir tahun ke-10 Hijriyah saat Rasulullah melaksanakan Haji Wada’ hingga beliau sakit dan wafat, lalu tersebar luas berita wafatnya, orang-orang yang hati mereka sakit, mulai secara terang-terangan menyatakan kemurtadan mereka.

‘Aswad bin Unaisi memimpin pergerakan mereka di Yaman dan Musailamah di Yamamah. Pada masa kekhalifahan Abu Bakar, memberantas kemurtadan menjadi agenda prioritas pemerintahannya. []

Sumber: The Golden Story of Abu Bakar As-Shiddiq/ penulis: DR. Ahmad Hatta, MA/ Penerbit: Maghfirah Pustaka/ April 2014

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Enam Pelajaran dari Dokter Hati

Karena saya termasuk makhluk bergerak, maka saya tidak peru menyibukkan hatiku dengan sesuatu yang telah dijamin oleh Dzat yang Maha Kuat dan Kokoh.

you're currently offline