Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

70.000 Orang dari Umat Rasulullah Masuk Surga Tanpa Dihisab dan Tanpa Disiksa

0

Diceritakan dari Sa’id bin Jubair, dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Ditampakkan kepadaku umat-umat terdahulu, ada nabi yang beijakm bersama umatnya, ada nabi yang berjalan bersama sekelompok orang saja, ada nabi yang beijalan bersama sepuluh orang, ada nabi yang berjalan bersama lima orang saja, bahkan ada nabi yang beijalan sendirian.

Aku melihat tampak kehitaman, lalu aku bertanya, `Wahai Jibril, apakah mereka umatku?’

Jibril menjawab, ‘Bukan, tapi coba lihat ke ufuk atau ujung sana,’

Aku pun melihatnya, dan tampak olehku kehitaman yang banyak.

Jibril berkata, ‘Itulah umatmu, berjumlah 70.000, barisan paling depan tidak perlu dihisab, juga tidak perlu disiksa.'” (HR Bukhari)

Dalam beberapa hadis disebutkan bahwa setiap 1.000 orang dari yang 70.000 orang ada 70.000 lagi, dan tiga genggaman dari genggaman Allah SWT.

Disebutkan dalam Musnad Imam Ahmad serta Sunan Turmudzi dan Sunan Ibnu Majah dari Abu Umamah bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tuhanku berjanji kepadaku bahwa akan ada 70.000 orang dari umatku yang masuk surga tanpa dihisab dan tanpa disiksa. Dan, setiap 1.000 orang bersama 70.000 orang dan tiga genggaman dari genggaman Tuhanku.” (HR Ahmad, Turmudzi, dan Ibnu Hiban dalam Misykah Al-Mashabih).

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam berharap agar separuh dari ahli surga terdiri atas umatnya. Dalam sebuah hadis yang disepakati oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim tentang ke-shahih-annya, disebutkan riwayat Abu Sa’id Al-Khudri r.a. dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam ketika menuturkan tentang kebangkitan dari neraka, di penghujung sabdanya, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam menyatakan, “Demi Dzat yang menguasai diriku, aku berharap kalian menghuni seperempat dari ahli surga.” Kami bertakbir.

Rasulullah bersabda, “Aku berharap kalian menghuni sepertiga dari ahli surga.” Kami bertakbir.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Aku berharap kalian menghuni separuh dari ahli surga.” Kami bertakbir lagi.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Kalian di antara manusia hanya seperti sehelai rambut hitam yang menempel pada kulit seekor sapi jantan yang putih atau seperti sehelai rambut putih yang menempel pada kulit seekor sapi jantan yang hitam.” (Misykah Al-Mashabih) []

Sumber: Surga Kenikmatan yang Kekal/Penulis: Mahir Ahmad Ash-Syufi/Penerbit:Tiga Serangkai,2007

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline