Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Berkumur-kumurlah Kalian Semua

 

Nabi memiiki hati paling suci. Bahkan Nabi tidak tinggal diam melihat dosa dan kesalahan. Hal ini diawali dari keluarganya sendiri. Tak ada keringanan bagi keluarganya jika melakukan kesalahan dan juga tidak ada keistimewaan. Bahkan dalam keluarga Nabi, bila ada istrinya yang mengeluarkan perkataan buruk, Nabi menegurnya.

Terjadi pada satu masa dimana para istri Nabi menemani Nabi yang sedang terbaring sakit, lalu Shafiyah mengucapkan perkataan yang kurang baik, “Coba kalau kau bersamaku.”

Istri Nabi saling pandang karena merasa tersinggung oleh ucapannya. Meski dalam keadaaan sakit Nabi tetap menegurnya secara tegas dengan menyampaikan pada mereka, “Berkumur-kumurlah kalian semua.” Itu titahnya, menyuruh mereka mencuci mulut setelah mengucapkan kata-kata kotor.

Dan sampailah pada Hari Raya Idul Adha, Fadhl ibn Al-Abbas yang masih remaja dibonceng oleh Nabi. Lalu datang seorang wanita cantik yang menanyakan suatu urusan agama. Nabi melihat Fadhl yang memandang wanita itu tanpa henti. Lalu Nabi menarik dagu Fadhl dan memalingkan wajahnya dari pandangan yang dilarangnya itu.

“Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa darimu, hai ahlul bait dan membersihkanmu sebersih-bersihnya,” (Qs. Al-Ahzab)

Kebaikan itu tidak hanya terlihat dari diri Nabi. Tapi juga berikut istri Nabi, ialah Aisyah. Istri Nabi yang paling tajam akalnya, paling cemerlang, dan yang paling semangat terhadap ilmu. Aisyah telah mampu melukiskan secara umum kehidupan Nabi. Ia mempunyai kedudukan agung dan terhormat di kalangan pemuka sahabat, lebih-lebih mereka pada umumnya. []

Sumber: Bilik-Bilik Cinta Muhammad/Penulis: Nizar Abazhah/Penerbit: Zaman/Terbit: Februari 2009.
Redaktur: Dini Koswarini

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline