Foto: iStock

Sembilan Ratus Unta, Enam Puluh Kuda, dan Sepuluh Ribu Dinar dari Utsman untuk Tabuk

Pada tahun hijriah kesembilan, Kaisar Heraclius dari Kekaisaran Romawi yang berkuasa mengalihkan perhatiannya ke Arabia, berusaha untuk menyerang dan menyerapnya. Dia memerintahkan pasukannya untuk mempersiapkan dan menunggu instruksinya untuk maju.

Berita tentang hal itu sampai pada Rasulullah dan dia menyuruh para sahabatnya untuk mempersiapkan pertempuran. Saat itu adalah musim panas yang terik dan daerah tersebut menderita kekeringan. Namun, sementara orang-orang Muslim siap untuk berjuang, mereka tidak memiliki peralatan perang.

Nabi meminta kaum Muslimin untuk memberikan hartanya, dan setiap orang memberikan apa yang dia mampu. Para wanita membawa perhiasan mereka kepada Nabi, dan Nabi menggunakannya untuk membantu mempersiapkan tentara, namun sumbangan ini hanya sedikit dari jumlah yang dibutuhkan.

Nabi melihat barisan besar orang yang sedang bersiap untuk berperang dan dia berkata: “Siapa yang akan membekali mereka dan Allah akan mengampuninya?”

Begitu Utsman mendengar seruan ini, Utsman mengajukan diri. Dia memasok semua kebutuhan tentara, sampai ke tali dan kekang terakhir, memasok tentara Tabuk dengan sembilan ratus empat unta dan enam puluh kuda. Jumlah totalnya adalah seribu kendaraan!

Tidak hanya itu, Utsman juga memberikan membawa sepuluh ribu dinar lagi untuk melengkapi tentara dan menaruh uangnya di hadapan Rasulullah dan Rasulullah mulai membalikkannya dengan tangannya mengatakan “Tidak ada yang dapat menyakiti Utsman setelah hari ini” sampai dua kali. []

About Admin 1

Check Also

Enam Pelajaran dari Dokter Hati

Karena saya termasuk makhluk bergerak, maka saya tidak peru menyibukkan hatiku dengan sesuatu yang telah dijamin oleh Dzat yang Maha Kuat dan Kokoh.

you're currently offline