Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Nabi Menyuruh Perhatikan Penampilan

0

Siapa bilang penampilan yang kotor, jorok, asal-asalan tidak menunjukkan kadar iman seseorang. Rasulullah saw. pernah mengatakan, “Kebersihan adalah sebagian dari iman.” (HR Muslim)

Iman seseorang, di antaranya, bisa dilihat dari penampilannya. Orang yang tampil jorok dan asal-asalan kurang menganggap bahwa manusia lain adalah mulia. Apalagi terhadap saudara seiman. “Tidak beriman seseorang di antaramu hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (Alhadits)

Kalau ia senang dengan suasana bersih, tanpa bau badan; orang lain pun seperti itu. Kalau ia mengharapkan orang lain memberikan penghormatan, orang lain juga ingin seperti itu.

Seseorang pernah bertanya kepada Rasulullah saw., “Bagaimana tentang seseorang yang suka mengenakan pakaian dan sepatu yang indah-indah?” Rasulullah menjawab, “Semua ciptaan Allah adalah indah dan Dia menyukai keindahan.” (HR Muslim) []

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline