Foto: Proenix - DeviantArt

Tiga Mujizat Nabi Muhammad SAW di Gua Tsur

Gua Tsur adalah sebuah gua yang terletak sekitar tujuh kilometer dari Makkah ke arah Thaif. Jabal Tsur dikenal karena mukjizat terkenal yang pernah terjadi selama hijrah Nabi Muhammad (SAW).

Orang-orang Arab telah merencanakan banyak masalah besar kepada Nabi Muhammad (SAW) dalam periode pertama delapan tahun kenabiannya. Pada saat itu, kaum Quraisy dari Makkah yang paling keras memusuhi Nabi.

622 M adalah tahun pertama hijrah. Ketika itu Nabi Muhammad (SAW) memerintahkan semua umat Islam untuk berhijrah dari satu kota ke kota lain.

Inilah tiga keajaiban yang pernah terjadi di Gunung Tsur , yang juga dikenal sebagai Jabal Tsur;

1. Kaum Quraish Merencanakan Pembunuhan Nabi Muhammad (SAW)

Saat hijrah dimulai, kaum Quraish merencanakan pembunuhan kepada Muhammad (SAW). Sementara Nabi tertidur di pembaringannya, melalui tuntunan Allah, ia berhasil lolos dan Ali bin Abi Thalib (RA) menggantikannya. Lalu Nabi pergi ke Gua Tsur.

Sahabat Muhammad yang paling setia adalah Abu Bakar (RA), dan Abu Bakar turut serta dengan Nabi. Kaum Quraish mengirim pembunuh bayaran untuk membunuh Nabi dan Abu Bakar . Entah bagaimana, dan Abu Bakar mengetahui hal ini dan memutuskan untuk tinggal di dalam gua.

2. Nabi Dihadang Seekor Ular di Gua Tsur!

Sebelum masuk ke dalam gua, Abu Bakar membersihkan gua dahulu sebelum Nabi masuk ke dalamnya. Ada banyak lubang ular coba ditutupi oleh pakaian Abu Bakar. Namun ternyata, masih ada satu lubang yang belum ditutup oleh Abu Bakar. Nabi sangat lelah sehingga tertidur di pangkuan Abu Bakar. Lubang ular yang terbuka kemudian ditutupi oleh Abu Bakar dengan kakinya.

Namun, kemudian, ular itu mematuk kaki Abi Bakar. Abu Bakar tidak menggeser kakinya dari lubang ular itu karena dia tahu Nabi sedang tidur, rasa sakit yang disebabkan oleh gigitan ular begitu kuat sehingga air mata mulai keluar dari matanya dan saat itulah air mata menetes ke pipi Nabi. Nabi terbangun.

Setelah mengetahui ular itu telah menggigit Abu Bakar, Nabi menggosok air liurnya di tempat luka gigitan ular pada Abu Bakar, lalu Abu Bakar mulai merasa rileks dan rasa sakit hilang dalam beberapa menit! Nabi dan Abu Bakar kemudian tinggal di gua itu selama tiga hari tiga malam.

3. Laba-laba dan burung merpati membantu Nabi

Pada satu titik, akhirnya orang-orang Quraish hampir saja masuk gua Tsur, tapi sebuah keajaiban terjadi!
Ular dan merpati menghalagi gua tersebut seolah-olah tidak ada yang masuk ke dalam gua ini. Dan laba-laba merajut jaring sehingga burung merpati bisa meletakkan telurnya. Pemandangan ini mengisyaratkan seolah-olah tidak ada manusia yang pernah masuk ke dalam gua ini!

Kemudian, Nabi dan Abu Bakar berhasil menuju Madinah. []

About Admin 1

Check Also

Do’a yang Membuat Musuh Terkapar

Amr bin Abu as-Saraya pernah bercerita bahwa ia pernah ikut bertempur di wilayah Romawi. la berjuang dengan mengerahkan segenap kemampuannya melawan kaum kafir.

you're currently offline