Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Saat Nabi Meminta Sahabat untuk Berjanji 6 dan 4 Perkara

0 60

 

Rasulullah SAW berkata, “Andaikan Allah menganugerahkan nikmat sebanyak batu kecil ini kepadaku, aku pasti akan membagikannya kepada kalian, kemudian kalian tidak akan menemukan aku sebagai orang bakhil, pendusta, dan penakut,”

Rasulullah SAW berkata dalam keadaan bersandar, ”Maukah kalian aku beritahukan tentang dosa yang paling besar? Yaitu, menyekutukan Allah dan durhaka kepada kedua orang tua,” Kemudian beliau duduk dan berkata lagi,”Ingatlah, dan ucapan dusta.”

Ibnu Umar r.a bahwa Rasulullah SAW berkata, “Seorang hamba yang berdusta sekali, malaikat menjauh darinya sejauh perjalanan satu mil, karena bau busuk yang datang darinya,”

Anas ibn Malik r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW berkata, “Berjanji kepadaku akan enam perkara, niscaya aku berjanji kepada kalian akan syurga.” Para sahabat lantas bertanya,”Apakah enam perkara itu?” Rasulullah menjawab, “1. Jika kalian bicara, maka jangan berdusta. 2. Jika kalian berjanji maka jangan ingkar. 3. Jika kalian dipercaya maka jangan khianat. 4. Tundukanlah pandangan kalian. 5. Peliharalah kemaluan kalian. 6. Dan jagalah tangan kalian.

Pada suatu hari Umar ibn Khattab berkhutbah, “Rasulullah SAW pernah berdiri di tengah-tengah kami sebagaimana aku berdiri di tengah-tengah kalian, lalu berkata, “Berbuat baiklah kalian kepada sahabat-sahabatku, kemudian orang-orang yang hidup sesudah mereka. Setelah itu, dusta merajalela, sehingg seseorang bersumpah padahal ia tidak diminta bersumpah dan bersaksi padahal dia dituntut bersaksi,”

Nabi Musa berkata, “Ya Allah, siapa diantara hamba-Mu yang paling baik amalnya?” Allah Berfirman,”Orang yang lisannya tidak pernah berdusta, hatinya tidak jahat dan kemaluannya tidak pernah berzina,”

Lukman berkata kepada anaknya, “Wahai anakku, jauhilah dusta, sesungguhnya dusta itu sangat menarik bagaikan daging burung.”

Rasulullah memuji sikap jujur dengan sabdanya, “Ada empat perkara, apabila telah ada pada dirimu, maka kehilangan sesuatu dari dunia ini tidak akan membahayakan dirimu, yaitu, 1. Jujur dalam bicara. 2. Memelihara amanat. 3. Budi pekerti yang baik. 4. Dan menjaga dari makanan haram atau yang diragukan.

Setelah wafat Rasulullah SAW, Abu Bakar r.a. berkata dalam khutbahnya,”Pada tahun pertama Rasulullah SAW berdiri di tengah-tengah kami, bagaimana aku berdiri di tengah-tengah kalian, kemudian beliau menangis dan berkata, ‘Kalian wajib berkata benar! Sesungguhnya ucapan yang benar itu bersamaan dengan kebajikan. Kebajikan akan berada di dalam syurga,”

Dari Mu’adz ibn Jabal r.a. Rasulullah SAW, berkata kepadaku, ‘Aku berwasiat kepadamu agar bertaqwa kepada Allah, berkata jujur, menunaikan amanat, menepati janji, member salam dan merendahkan hati.” []

Sumber: Bahaya Lisan/ Imam Ghazali/ Qisthi Press

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline