Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

10 Mukjizat Nabi Muhammad

Setiap Nabi yang diutus oleh Allah Azza wa Jalla diberi tanda dan mukjizatnya. Mukjizat ini bergantung pada nabi tertentu, apa yang mereka percaya dan hal-hal yang mereka mengerti. Nabi Yunus ditelan paus dan dia selamat. Nabi Ibrahim selamat dari api yang menyala. Nabi Musa memiliki tongkat yang bisa berubah menjadi ular, dan dia menggunakannya untuk membelah Laut Merah menjadi dua. Nabi Isa bisa membangkitkan orang mati dan menyembuhkan orang buta, dan dia juga berbicara sejak masih bayi.

Tentu keajaiban ini terjadi atas izin Allah Azza wa Jalla. Tapi tahukah Anda bahwa Nabi Muhammad juga mempunyai beberapa mukjizat? Berikut di antaranya:

[bs_smart_list_pack_start][/bs_smart_list_pack_start]

1. Tidak terlihat

Ketika Nabi berencana untuk hijrah ke Madinah, suku-suku di Mekah berkonspirasi untuk membunuh beliau sekali dan untuk selamanya. Setiap suku mengirim seorang pembunuh dan mereka mengelilingi rumah Nabi malam itu. Tapi Nabi berjalan keluar tepat di depan mereka dan tidak ada yang melihatnya. Mereka dibutakan padanya.

2. Do’anya dalam insiden pasir

Nabi dan Abu Bakar sedang dalam perjalanan ke Madinah saat mereka diikuti oleh seorang pembunuh bernama Suraqah. Ketika Abu Bakar khawatir, Nabi bersabda, “Jangan sedih; Allah pasti bersama kita.” Kemudian beliau melirik Suraqa dan kaki kudanya terjebak di pasir. Suraqa berhasil mendapatkan kaki kuda tapi ketika dia mencoba mengikuti Nabi, kaki kudanya tersangkut dan terjebak lagi di pasir. Suraqah menyadari ini di luar dirinya dan harus kembali.

3. Berbicara dengan Jin

Dalam satu peristiwa, jin yang disebut “Hama” datang dalam wujud orang tua yang membawa tongkat; dia menerima Islam Nabi Muhammad dan menginstruksikan kepada Nabi untuk membacakan beberapa ayat Al-quran, yang dia dengarkan dan kemudian berangkat pergi lagi.

4. Air mengalir dari tangannya yang diberkati

Pernah Nabi bersama para sahabatnya sekitar 300 orang, di tempat bernama Zawra. Sudah waktunya untuk melaksanakan shalat dzuhur, tapi mereka tidak dapat menemukan air untuk berwudhu. Mereka kemudian menemukan air namun kecil, Nabi mencelupkan tangannya ke dalam air yang itu kemudian keluarlah dari tangannya seperti air mancur. Tiga ratus orang yang ada di sana kemudian berwudhu dan menggunakannya untuk kebutuhan lain.

5. Perjalanan malam Isra’ dan Miraj

Inilah salah satu mukjizat Nabi yang paling menakjubkan. Ini disebut Isra’ wal Miraj. Pada malam inilah Nabi, di bawah bimbingan malaikat Jibril mengantar Nabi dari Ka’bah di Makkah ke Masjid al-Aqsa di Yerusalem dan kemudian ke langit, ke langit yang tinggi atas kehendak Allah Ta’ala. Dalam perjalanan ini, beliau bertemu Nabi sebelumnya diantaranya Musa, Isa dan Ibrahim. Beliau memimpin para Nabi dalam doa. Beliau sampai di tempat yang sangat tinggi dimana beliau bisa mendengar pena yang menulis perbuatan orang-orang. Beliau melihat surga dan neraka. Dan beliau diangkat, untuk kemudian bertemu dengan Tuhannya, Yang Maha Besar. Kejadian ini diceritakan dalam Alquran dan hadist.

Read More

Mukjizat yang Hanya Dimiliki Nabi Daud

6. Bulan terbelah

Orang-orang musyrik pada zaman Nabi terus bersikeras bahwa mereka menginginkan sebuah mukjizat. Mereka mengatakan bahwa mereka akan percaya jika Nabi dapat menunjukkan kepada mereka pemisahan bulan menjadi dua. Ketika Allah memberikan kemampuan kepada Nabi, dia memanggil mereka semua untuk bersaksi, dan bulan terbelah menjadi dua. Dan memang itu adalah kejadian yang jelas. Tapi dalam kesombongan mereka, mereka tetap menolak kebenaran. Kejadian ini juga diceritakan dalam Alquran.

7. Benda dan hewan dapat berkomunikasi dengan Nabi

Pada beberapa kesempatan, pohon, batu, gunung dan pasir akan menyapa Nabi saat dia lewat. Suatu ketika, seorang Yahudi memanggang seekor kambing yang telah diisinya dengan racun. Dia kemudian mengirimkan dan menyuguhkan kambing yang sudah dipanggangnya tadi ke Nabi. Tapi sebelum Nabi menyentuh makanan tersebut, kambing tersebut berbicara kepadanya dan memberitahukan kepadanya tentang racun tersebut. Jadi dia menyuruh semua orang untuk menjauhkan diri dari hidangan ini.

8. Orang mati mengabarkan Nabi Muhammad

Dalam satu peristiwa, salah satu sahabat Nabi tiba-tiba terjatuh di pasar. Orang-orang membawa tubuhnya ke rumahnya. Malam itu antara matahari terbenam dan menjelang shalat malam, sementara para wanita menangis di sekelilingnya, jenazah itu berseru: ‘Diam! Diam! ‘Lalu dia berkata:’ Muhammad adalah utusan Tuhan! Damai sejahtera bagimu, wahai Rasulullah! ‘Dia berbicara dengan sangat fasih untuk sementara waktu sehingga orang-orang padasaat itu terkejut dan kemudian memeriksa jenazah itu. Tapi dia benar-benar mati.

9. Berkah Makanan

Nabi memberi makan lebih dari seratus orang dari makanan yang sangat kecil. Setiap kali beliau meletakkan tangannya yang diberkati pada makanan apapun, itu menyebabkan bertambah dan semua orang bisa makan sampai kenyang dan masih tersisa. Dalam satu kisah, beliau memberi minum lebih dari seratus pria dalam satu cangkir susu. Setiap orang akan minum untuk mengisi dan lulus ke berikutnya tanpa mengisi ulang. Dan masing-masing pria itu meminumnya, dan cangkir itu masih awet dengan susu seolah tidak pernah disentuh.

10. Nabi bisa menyembuhkan orang sakit

Dalam satu kisah, salah satu sahabat ditabrak panah di matanya. Anak panah itu begitu dalam sehingga menempel di bagian belakang kepalanya. Nabi kemudian meletakkan tangannya di atas mata dan disembuhkan.

[bs_smart_list_pack_end][/bs_smart_list_pack_end]

Dan mukjizat terbesar Nabi Muhammad adalah Al-quran. Dan itu adalah kitab yang didalamnya terdapat penjelasansempurna mengenai hal-hal yang terdahulu dan yang akan datang. []

Redaktur: Dika Nugraha

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline