Foto:Dreamstime.com

Wirid Fatimah yang Diajarkan Rasulullah

Ali, putra Abu Thalib, meriwayatkan bagaimana Fatimah, istrinya dan juga putri Nabi Muhammad, harus mengerjakan semua pekerjaan rumah dengan sendiri. Tangannya sudah bengkak-bengkak karena sering menumbuk tepung dengan batu, pakaiannya kotor akibat sering menyapu lantai, da nada tanda pada lehernya akibat sering mengangkut air dari luar dengan kantung kulit yang besar.

Suatu ketika, Nabi memiliki banyak budak yang dibawa kepadanya, Ali menyarankan kepada Fatimah datang kepadanya meminta seorang budak. Tetapi banyak orang berkumpul di rumah Nabi, sehingga Fatimah pulang ke rumah tanpa bertemu dengan ayahnya.

BACA JUGA: Kisah Singkat Hasan bin Ali bin Abi Thalib

Hari berikutnya, Nabi datang ke rumah Ali dan Fatimah, dan bertanya apa yang ingin dikatakan Fatimah, tetapi Fatimah diam saja. Kemudian Ali menceritakan keadaan mereka kepada Nabi. Namun Nabi tidak memenuhi permintaan mereka.

Nabi berkata, “Bertakwalah kepada Allah! Dan penuhilah kewajibanmu kepadanya. Lakukanlah sendiri pekerjaanmu rumahmu, dan ketika hendak tidur pada malam hari, bacalah tasbih 33 kali, tahmid 33 kali dan takbir 34 kali. Semuanya menjadi 100 kali. Itu lebih baik bagimu daripada menginginkan seorang budak.”

Tercatat pula dalam Hadits Shahih, Al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ahmad, Al-Baihaqy, “Ali berkata, Fathimah mengeluhkan bekas alat penggiling yang dialaminya. Lalu pada saat itu ada seorang tawanan yang mendatangai Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka Fatimah bertolak, namun tidak bertemu dengan beliau. Dia mendapatkan Aisyah. Lalu dia mengabarkan kepadanya.

Tatkala Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba, Aisyah mengabarkan kedatangan Fatimah kepada beliau. Lalu beliau mendatangi kami, yang kala itu kami hendak berangkat tidur. Lalu aku siap berdiri, namun beliau berkata. ‘Tetaplah di tempatmu.’

Lalu beliau duduk di tengah kami, sehingga aku bisa merasakan dinginnya kedua telapak kaki beliau di dadaku.

BACA JUGA: Hubungan Rasulullah dan Ali bin Abi Thalib Empat Belas Ribu Tahun Sebelum Adam Diciptakan

Beliau berkata. ‘Ketahuilah, akan kuajarkan kepadamu sesuatu yang lebih baik dari pada apa yang engkau minta kepadaku. Apabila engkau hendak tidur, maka bertakbirlah tiga puluh empat kali, bertasbihlah tiga puluh tiga kali, dan bertahmidlah tiga puluh tiga kali, maka itu lebih baik bagimu daripada seorang pembantu”.

[]

Sumber: Nabi Muhammad, Penyempurna Para Nabi/ Penulis: Saniyasnain Khan/ Penerbit: Nuansa/2009

About Dini Koswarini

Check Also

Teruslah Maju, Wahai Rasulullah

Sa'ad bin Mu'adz, tokoh suku Aus dan pemuka Anshar, berdiri dan berkata, "Demi Allah, benarkah yang engkau maksudkan adalah kami?"

you're currently offline