Picture: Colourbox

Tidak Pernah Naik Haji Setelah Rasulullah Wafat

Saudah binti Zam’ah merupakan istri Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. ia merupakan istri yang senantiasa berpegang teguh terhadap wasiat Rasulullah.

Sebelum wafat Rasulullah berwasiat kepada istri-istrinya. Wasiat itu disampaikan ketika haji Wada, beliau bersabda, “Tahun ini saja, setelah itu harus menetap di rumah.”

Sabda tersebut isyarat kepada istri-istri beliau, agar menetap di rumah dan tidak pergi ke mana-mana. Setelah haji wada’, Rasulullah saw meninggal dunia. Saudah berkata, ”Saya tidak akan pernah naik haji setelah haji wada.”

Bukan hanya Saudah, istri-istri Rasulullah pun tidak melaksanakan haji Wada setelah Rasulullah wafat. Ini dilakukan merupakan bentuk patuh terhadap suami. []

Sumber: 99 Kisah Teladan Sahabat Perempuan Rasulullah/ Penulis: Manshur Abdul Hakim/ Penerbit: Republika/ 2006

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Enam Pelajaran dari Dokter Hati

Karena saya termasuk makhluk bergerak, maka saya tidak peru menyibukkan hatiku dengan sesuatu yang telah dijamin oleh Dzat yang Maha Kuat dan Kokoh.

you're currently offline