Foto: Pngtree

Shalat yang Paling Berat bagi Orang Munafik

Dalam al-Qur’an Allah Swt menjelaskan sifat orang-orang munafik, “Dan apabila mereka (orang-orang munafik) berdiri untuk shalat, mereka berdiri dengan malas.” (Q.S. An-Nisa’:142)

BACA JUGA: Penyebab Turunnya Surah Al-Munafikun Ayat 1-8

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam juga menjelaskan, “Shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. jika mereka tahu apa (rahasia) yang ada di dalamnya, pasti mereka akan melakukannya, walaupun dengan merangkak(susah payah).” (HR. Bukhari dan muslim)

Abdullah ibn Mas’ud menegaskan, “Engkau (Rasulullah) telah memperlihatkan kepada kami bahwa orang yang meninggalkan shalat subuh benar-benar munafik.”

Seseorang akan selalu dalam kebaikan dan berfikir baik selama dia melakukan shalat subuh. Jika ia enggan melakukan shalat subuh, maka pikiran negativ dan syubhat akan menghantuinya.

BACA JUGA: Thawus Bin Kaisan: Adakah Kemunafikan Selain Ini?

Abdullah bin Umar berkata, ”Jika seseorang tidak Bersama kami dalam shalat subuh dan isya maka benak kami dilintasi oleh prasangka jelek dia.” []

Sumber: Bertansaksi dengan Allah/Karya: Khalid Abu Syadi/Penerbit: Qisthi Press/2005

About Dini Koswarini

Check Also

Nabi Ibrahim Hanya Meninggikan Bangunan Kabah, Bukan Membuat Pondasi

Sebenarnya, yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah meninggikan Ka'bah, karena fondasi Ka'bah telah ada sebelumnya.

you're currently offline