Foto: Freepik

Saat Umar bin Abdul Aziz Mengundurkan Diri Sebagai Gubernur Madinah

Sebelum menjabat sebagai khalifah kaum muslim, Umar bin Abdul Aziz menjabat sebagai gubernur Madinah. Umar bin Abdul Aziz sangat mencintai Madinah. Ia menjabat Gubernur Madinah selama enam tahun dan dianggap gubernur yang berhasil karena telah memenuhi penjuru negeri dengan kemakmuran dan kesejahteraan.

Umar bin Abdul Aziz pernah mencambuk Khubaib bin Abdullah seratus kali gara-gara Khubaib membaca hadis “Apabila Bani Abul Ash (anak-anak Ash Bani Umayah) mencapai tiga puluh orang maka mereka menjadikan hamba Allah sebagai budak dan harta Allah sebagai dana mendirikan sebuah negara.”

BACA JUGA: Pingsannya Umar bin Abdul Aziz

Sebenarnya, Umar hanya melaksanakan perintah Khalifah al-Walid bin Abdul Malik yang memerintahkannya untuk mencambuk Khubaib seratus kali dan menahannya. Al-Walid memberi perintah itu usai mendengar hadis di atas. Umar mencambuk Khubaib seratus kali, menyiramnya dengan air dingin di waktu pagi yang sangat dingin. Umar juga menahan Khubaib hingga Khubaib terkena penyakit tetanus (kejang otot). Khubaib baru dikeluarkan dari penjara ketika penyakitnya kian parah. Khubaib akhirnya meninggal.

Umar sangat menyesal atas tindakan kerasnya terhadap Khubaib. Ia sangat bersedih atas kematiannya. Saat mendengar berita kematian itu, Umar langsung bersimpuh di tanah, kemudian menengadahkan kepalanya sambil mengucap “innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’un.” Tak lama setelah itu, Umar mengundurkan diri sebagai Gubernur Madinah.

Ada juga yang berpendapat bahwa Umar dipecat al-Walid karena kerap menentang bahkan merendahkan sang Khalifah. Setiap kali dipuji bahwa ia telah melakukan banyak perbaikan—oleh karenanya ia patut bergembira, Umar menjawab, “Bagaimana dengan Khubaib?!” []

Sumber: The Great of Two Umar/ Penulis: Fuad Abdurrahman/ Penerbit: Zaman, 2016

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Kenapa Kau Ada di Ka’bah?

Dari Sufyanbin Uyainah, ia berkata, “Hisyam bin Abdul Malik masuk ke dalam Ka’bah dan ternyata di dalamnya ada Salim bin Abdullah bin Umar bin Khaththab.

you're currently offline