Picture: Pixabay

Rasulullah Hendak Dilempar Batu Besar oleh Bani Nadhir

 

Pada 4 H (626 M) terjadi peristiwa Bani Nadhir. Bahwa antara orang-orang Yahudi yang menetap di Madinah dan Rasulullah telah mengadakan perjanjian dengan mereka, namun Bani Qainuqa telah merusak perjanjian tersebut dan diusir dari Madinah. Bani Nadhir yang hidup di Madinah pun demikian, bermusuhan dengan orang-orang Muslim.

Nabi bersama Abu Bakar dan Umar pergi mengunjungi mereka untuk meminta bantuan Pada 4 H. Bani Nadhir meyakinkan seorang pria bernama Amr bin Jahsy untuk menaiki atap dan menjatuhkan sebuah batu besar ke atas Rasulullah.

Rasulullah yang menyadari usaha pembunuhan tersebut pun segera meninggalkan tempat itu dan kembali ke Madinah. Selanjutnya, beliau mengultimatum mereka untuk segera meninggalkan tempat tinggal mereka. Sedangkan mereka memberikan balasan dengan persiapan perang untuk ini. Pada akhirnya, Rasulullah berhasil mengusir mereka keluar dari Madinah. Sebagian orang Yahudi Bani Nadhir tersebut kemudian pergi ke Syria, dan sebagian lagi menetap di Khaibar.” []

Sumber: Sumber: The Great of Two Umars/ Penulis: Fuad Abdurrahman/ Penerbit: Zaman/ Jakarta/ 2013

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Saya Saudara Jauh Muawiyyah

Ada seorang lelaki tak dikenal ingin datang menjumpai Muawiyyah. Di depan rumah, ia berjumpa pertama kali dengan penjaga gerbang.

you're currently offline