Foto: Fine Art America

Rasulullah: Enyahlah, Engkau Tidak akan Melebihi Kadar Dirimu

Di dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, disebutkan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada Ibnu Shayyaad, “Aku menyembunyikan sesuatu. Coba tebak!”

Ibnu Shayyad berkata, “Itu adalah ad-dukh… !”

BACA JUGA: Jin yang Membantu Dakwah Rasulullah (Bagian 1)

Mendengar jawaban itu, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Enyahlah. Engkau tidak akan melebihi kadar dirimu!”

Perawihaditsinimengatakan, “SaatituRasulullahShalallahu ‘alaihiwasallammenyembunyikantulisanayat ‘Fartaqibyaumata’tis-samaa’u bi dukhaaninmubiin’ di tanganbeliau.”

Ini menunjukan bahwa asap yang disebutkan itu adalah sesuatu yang akan datang atau terjadi. Dan Ibnu Shayyad adalah seorang yang bisa mengungkap sebagian rahasia dengan cara-cara yang biasa dilakukan para tukang ramal dengan menggunakan perantaraan kelompok jin. Jin biasanya membisikkan perkataan secara ringkas (terpotong), sehingga Ibnu Shayyad mengatakan, “Ad-dukh…,” padahal yang dia maksud adalah ad-dukhaan.

BACA JUGA: Saat Nabi Sulaiman Perintahkan Jin Iprit Arungi Samudera

Mendengar jawaban itu, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam pun akhirnya tahu dari mana Ibnu Shyayaad memperoleh bisikan, yaitu dari setan, sehingga beliau bersabda kepadanya, “Enyahlah! Engkau tidak akan melebihi kadar dirimu.”

Wallahu a’lam []

Sumber: Kiamat, Tanda-Tandanya Menurut Islam, Kristen, dan Yahudi/Karya: Manshur Abdul Hakim/Penerbit: Gema Insani Press/2006

About Dini Koswarini

Check Also

Kemudian Celakalah Dia! Bagaimanakah Dia Menetapkan?

Maka celakalah dia! bagaimana dia menetapkan? Kemudian celakalah dia! bagaimanakah dia menetapkan?

you're currently offline