Picture: Pinterest

Petunjuk Jalan yang Benar

Dalam perjalanan hijrah ke Yatsrib, Abu Bakar bertemu dengan banyak orang di antara mereka ada yang sudah mengenal Abu Bakar, karena telah berkali-kali melewati tempat itu dalam rangka perjalanan dagang.

Seseorang bertanya kepada Abu Bakar, “Siapa orang yang bersamamu ini?” tanyanya sambil menunjuk Rasulullah.
Abu Bakar menjawab, “Dia adalah orang yang akan menunjukkan jalan kepadaku.”

Laki-laki tersebut mengira yang dimaksudkan Abu Bakar adalah penunjuk jalan yang akan dilewati. Padahal yang dimaksudkan Abu Bakar adalah penunjuk jalan kebenaran untuk menuju surga. Hal ini dilakukan Abu Bakar untuk melindungi identitas Nabi.

Sebelumnya Rasulullah telah memerintahkan kepada Abu Bakar agar menyembunyikan identitas beliau.

Oleh karena itu apabila ada orang yang belum mengenalnya bertanya, “Siapa engkau?” Abu Bakar akan menjawab, “Aku adalah orang yang tersesat.”

Namun, apabila ada orang yang bertanya kepada Abu Bakar tentang orang yang bersamanya , Abu Bakar akan menjawab, “Dia adalah orang yang akan menunjukkanku jalan.”

Sumber: The Golden Story of Abu Bakar Ash-Shiddiq/ penulis: DR. Ahmad Hatta, MA/ Penerbit: Maghfirah Pustaka/ April 2014

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Saya Saudara Jauh Muawiyyah

Ada seorang lelaki tak dikenal ingin datang menjumpai Muawiyyah. Di depan rumah, ia berjumpa pertama kali dengan penjaga gerbang.

you're currently offline