Foto: Pixhome

Penyebab Malas Qiamulail menurut Rasulullah

Apabila seseorang tidur, lalu bangun di pagi harinya tanpa sedikit pun qiyamullail, setan akan semakin dapat menguasainya. Hal ini jelas terlihat dalam Ash-Shahihain, dari Abdullah bin Masud dia berkata, “Pernah disebutkan kepada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam seorang lelaki yang tidur semalam penuh hingga bangun di pagi harinya.

Maka, beliau bersabda, ‘Itu adalah orang yang kedua telinganya -atau satu telinganya- telah dikencingi setan.'”

BACA JUGA: `Abdullah bin Al-Abbas Shalat Malam Bersama Rasulullah

Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata, “Para ulama berbeda pendapat perihal kencingnya setan. Ada yang berpendapat bahwa setan benar-benar kencing.”

Imam Qurthubi dan yang lainnya berkata, “Hal ini bisa saja terjadi, bukan kemustahilan. Karena dia juga makan, minum dan kawin, sehingga wajar kalau dia kencing.”

Ada juga pendapat, “Ini hanyalah kiasan yang menerangan setan menutup telinga orang yang lalai dari shalat. Sehingga dia tidak mendengar dzikir (tidak dzikrullah).”

Selain itu ada pendapat, “Setan telah menguasai dan meremehkannya, hingga setan menjadikannya seperti jamban yang disediakan untuk kencing. Karena kebiasaan orang yang meremehkan sesuatu, dia akan mengencinginya.”

Imam Ahmad meriwayatkan dari Hasan Basri, dia berkata, “Demi Allah, kencing setan itu benar-benar berat.”

BACA JUGA: Celakalah Orang yang Tunduk pada Setan

Abdullah bin Masud berkata, “Sungguti merugi dan buruk orang yang tidur hingga pagi hari, sementara setan kencing di telinganya.” (HR. Muhammad bin Nadhr) Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata. “Hasadnya shahih.” []

Sumber: Ruqyah Jin, Sihir, dan Terapinya/Karya: Saikh Wahid Abdussalam Bali/Penerbit: Ummul Qura/2014

About Dini Koswarini

Check Also

Nabi Ibrahim Hanya Meninggikan Bangunan Kabah, Bukan Membuat Pondasi

Sebenarnya, yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah meninggikan Ka'bah, karena fondasi Ka'bah telah ada sebelumnya.

you're currently offline