Foto: YÜKLE.MOBİ

Pakaian Ini Hanya untuk Orang yang Memiliki Bagian

Dalam riwayat Muslim dan Abu Dawud dikatakan, “Rasulullah pernah mendapatkan hadiah sehelai pakaian dengan bahan bercampur sutra, lalau beliau mengirimkannya kepadaku. Setelah aku memakainya, beliau menampakkan ekspresi tidak suka seraya bersabda, ‘Aku mengirimkan pakaian ini untuk dipotong-potong dan dibagikan kepada kaum perempuan sebagai kerudung, bukan untuk engkau pakai.'”

BACA JUGA: Khabbab Ibnul Arats: Lihatlah ini kain kafanku!

Dalam riwayat lain berbunyi, “Di antara para Fathimah (kaum perempuan).”

Terdapat juga riwayat yang menambahkan, “Aku pun memotong-motongnya untuk kaum perempuan di sekitarku.”

Abdullah bin Umar meriwayatkan bahwa Umar pernah mendapati sehelai pakaian sutra kasar di pasar. Umar pun membeli dan membawanya kepada Rasulullah Umar berkata, “Rasulullah, belilah ini, lalu berhiaslah dengannya untuk hari raya dan menyambut utusan.”

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Pakaian ini hanya untuk orang yang memiliki bagian.”

Ada pula riwayat lain disebutkan bahwa Umar melihat pakaian yang berbahan campuran sutra di pintu masjid, latu dia berkata (mengandai), “Rasulultah, andai engkau membeli pakaian ini, lalu engkau kenakan pada hari Jum’at dan menyambut utusan.”

Beliau menjawab, “Orang yang memakai ini hanya mereka yang tidak memiliki bagian di akhirat nanti.”

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam pernah mendapatkan beberapa helai pakaian sutra. Beliau mengirim Umar sehetai jubah sutra yang paling bagus.

BACA JUGA: Aku Berpakaian Compang-Camping, Sementara Engkau seperti di Jannah

Lalu Umar datang menemui Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam membawa jubah tersebut seraya berkata, “Rasulullah, engkau mengatakan bahwa yang memakai ini hanya orang yang tidak memiliki bagian di akhirat, tapi kenapa engkau mengirimkannya kepadaku?”

Beliau menjawab, “Untuk kau jual dan memenuhi kebutuhanmu.” (HR. Enam perawi hadits selain at-Tirmidzi) []

Sumber: Pola Makan Rasulullah/Karya: Syaikh Abdul Wahab Abdussalam Thawilah/Penerbit: Almahira/2007

About Dini Koswarini

Check Also

Karena ini Rasulullah Menangis

Akhirnya mereka menunjuk Khalid bin Al-Walid. Yang mana setelah mengambil bendera, dia bertempur dengan hebat dan gagah berani.

you're currently offline