Foto: tooopen

Muslim Sejati Tak Akan Tersengat Lagi oleh Kumbang yang Sama

Abu ‘Azza Jamahi adalah seorang kafir Quraisy yang sangat menentang Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam. Tak aneh jika Jamahi cukup antusias partisipasi dalam perang Badar. Kaum Quraisy memang unggul dalam jumlah, tapi akhirnya kalah akibat mental dan kepercayaan diri yang lemah.

BACA JUGA: Apakah yang Kamu Takutkan Hanyalah Kemusyrikan?

Mereka kocar-kacir. Sebagian terbunuh, sebagian tertawan, dan sebagian melarikan diri. Salah satu yang tertawan adalah Abu ‘Azza Jamahi. Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam yang luhur budi ternyata membebaskan Jamahi yang berjanji tak akan bergabung dengan kaum musyrik dalam kegiatan menentang Islam lagi.

Ternyata janji tinggal janji. Abu ‘Azza Jamahi melanggar ikrar, kembali ikut serta menentang Islam dalam perang Uhud. Sial baginya, ketika kembali dari Hamr Al-Asad, kaum Muslimin berhasil menawan Abu ‘Azza Jamahi lagi.

Ia segera dihadapkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam dan mohon agar dibebaskan lagi.

BACA JUGA: Antara lman dan Bantuan Non-Muslim

Tapi apa jawaban Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam, “Muslim sejati tak akan tersengat lagi oleh kumbang yang sama.” Akhirnya, Abu ‘Azza Jamahi dihukum mati. []

Sumber: Kisah Keadilan Para Pemimpin Islam/Karya: Nasiruddin S.Ag, MM/Penerbit: Republika

About Dini Koswarini

Check Also

Karena ini Rasulullah Menangis

Akhirnya mereka menunjuk Khalid bin Al-Walid. Yang mana setelah mengambil bendera, dia bertempur dengan hebat dan gagah berani.

you're currently offline