Foto: Flower Vector

Mengenal Khalifah yang Pemalu

Utsman bin Affan dilahirkan di kota Mekah, enam tahun setelah tahun gajah. Selisih umur Utsman dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah sekitar lima tahun lebih muda. Ciri-ciri keindahan fisik Utsman yaitu: berperawakan sedang, tidak tinggi dan tidak pendek, memiliki kulit yang bagus, janggut yang lebat, tulang persendiannya besar, bahunya lebar, ia mewarnai kuning janggutnya.

Az-Zuhri berkata, “Utsman adalah orang yang berperawakan sedang, rambutnya bagus, tampan wajahnya, bagian depan kepalanya botak, dan kedua kakinya lebar.”

Selain itu, Utsman bin Affan dikenal sebagai seorang yang pemalu. Sebagaimana sabda Rasulullah mengenai dirinya, “Utsman adalah seorang yang pemalu… malaikat pun malu terhadap dirinya.”

Utsman bin Affan merupakan salah satu dari empat sahabat utama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau juga merupakan satu-satunya sahabat yang menikahi dua putri seorang Nabi. Oleh sebab itu beliau diberi julukan Dzunnurain yang artinya pemilik dua cahaya.

Di antara pernikahannya dengan kedua putri Rasulullah, Ruqayyah dan Ummu Kultsum, Utsman juga menikah dengan enam wanita lainnya, mereka adalah:

  1. Fakhitah binti Ghazwan, darinya Utsman memiliki satu anak bernama Abdullah.
  2. Ummu ‘Amr binti Jundub al-Azdiyyah, darinya Utsman dikaruniai lima anak, yaitu: Amru, Khalid, Aban, Umar dan Maryam. Abad yang tumbuh besar menjadi imam ahli fikih yang terkenal, ia juga sempat menjabat gubernur Madinah.
  3. Fathimah binti Al-Walid, darinya Utsman dikaruniai tiga anak, yaitu al-Walid dan Ummu Sa’ad.
  4. Ummu al-Banin binti ‘Uyainah, darinya beliau dikaruniai satu anak bernama Abdullah.
  5. Ramlah binti Syaibah, darinya Utsman dikaruniai dua anak, yaitu Ummu Aban dan Ummu ‘Amr.
  6. Nailah binti al-Farafishah, Utsman menikahinya ketika ia masih beragama Nasrani. Tak lama, Utsman mengenalkannya pada Islam lalu ia masuk Islam. []

 

Sumber: Abu Jannah. Sya’ban 1438 H. Serial Khulafa Ar-Rasyidin, Utsman bin Affan. Jakarta: Pustaka Al-Inabah.

 

About Dika Nugraha

Al-Qur'an & As-Sunnah

Check Also

Teruslah Maju, Wahai Rasulullah

Sa'ad bin Mu'adz, tokoh suku Aus dan pemuka Anshar, berdiri dan berkata, "Demi Allah, benarkah yang engkau maksudkan adalah kami?"

you're currently offline