Foto: Colourbox

Manisnya Iman akan Ditemukan dengan Tiga Perkara

Seorang laki-laki pernah bertanya kepada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam tentang kiamat. Ia berkata, “Kapan terjadinya kiamat ya Rasulullah?”

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam berkata, “Apa yang telah engkau siapkan untuknya?”

BACA JUGA: Wahai Keponakanku, Apakah Engkau Pernah Melihat Rasulullah?

Laki-laki itu berkata, “Aku tidak menyiapkan apa pun kecuali sesungguhnya aku mencintai Allah dan Rasul-Nya.”

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam berkata, “Engkau bersama apa yang engkau cintai.”

Anas berkata, “Kami tidak pernah merasa bahagia dengan sesuatu pun yang membahagiakan kami seperti bahagianya kami dengan perkataan Nabi, ‘Engkau bersama apa yang engkau cinta.’

Anas kemudian berkata, “Maka aku mencintai Nabi, Abu Bakar, dan Umar. Dan aku berharap akan bersama dengan mereka karena kecintaanku kepada mereka meskipun aku belum bisa beramal seperti mereka. (Mutafaq `alaih)

BACA JUGA: Bukti Kecintaan Seorang Wanita Shalihah terhadap Rasulullah

Dari Anas ra, sesungguhnya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Ada tiga perkara, siapa saja yang memilikinya ia telah menemukan manisnya iman. Yaitu orang yang mencintai Allah dan Rasul-Nya lebih dari yang lainnya; orang yang mencintai seseorang hanya karena Allah; dan orang yang tidak suka kembali kepada kekufuran sebagaimana ia tidak suka dilemparkan ke Neraka.” (Mutafaq `alaih) []

About Dini Koswarini

Check Also

Nabi Ibrahim Hanya Meninggikan Bangunan Kabah, Bukan Membuat Pondasi

Sebenarnya, yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah meninggikan Ka'bah, karena fondasi Ka'bah telah ada sebelumnya.

you're currently offline