Foto: goodfon

Kesulitan dan Bahaya adalah Nikmat Allah

Banyak hal kenikmatan yang Allah anugerahkan kepada hamba-Nya, namun tak pula disadari bahwa kesulitan dan bahaya pun merupakan bagian dari nikmat.

BACA JUGA:  Kenikmatan Melihat Allah bagi Penghuni Surga

Syaikhul Islam, Ibnu Taimiyah berkata,

Salah satu bentuk kesempurnaan nikmat Allah bagi para hamba yang beriman adalah Dia turunkan kesulitan dan bahaya terhadap mereka, serta hal-hal yang mendorong mereka untuk mengesakan-Nya.

Lalu, para hamba itu pun berdoa kepada-Nya dengan memurnikan agama serta tidak berharap kepada selain-Nya. Hati mereka pun ikut bergantung kepada-Nya.

Selanjutnya, karena sikap tawakkal dan kembali kepada Allah, manis dan lezatnya iman, serta bebas dari  perbuatan syirik, mereka mendapatkan suatu nikmat yang lebih besar dibanding hilangnya penyakit, takut, kekeringan, diraihnya kemudahan dan hilangnya kesulitan hidup.

BACA JUGA: Rasulullah Menikmati Keindahan Malam Lailatul Qadar

Sebab, sungguh semua nikmat di atas adalah bentuk-bentuk kenikmatan jasmani dan duniawi yang bisa jadi lebih banyak diraih orang kafir, daripada orang beriman. []

Sumber: Al-Fatawa/Ibnu Taimiyah 10:333

 

About عبد الله

Check Also

Enam Pelajaran dari Dokter Hati

Karena saya termasuk makhluk bergerak, maka saya tidak peru menyibukkan hatiku dengan sesuatu yang telah dijamin oleh Dzat yang Maha Kuat dan Kokoh.

you're currently offline