Foto:ExtraVectors.com

Kaitan Antara Bencana dan Maksiat

Khasf adalah malapetaka besar jika menimpa bumi ini. Peristiwa ini mengandung arti bahwa segala yang dibenamkan ke dalam bumi itu menjadi tidak tampak sama sekali. Hal itu merupakan satu fenomena alam yang biasa terjadi, sama seperti gerhana matahari dan gerhana bulan.

Pada saat gerhana matahari dan bulan terjadi, biasanya manusia merasa kaget; mereka segera melakukan shalat gerhana dan berdoa seperti dilakukan pada masa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam. Adapun jika penenggelaman itu terjadi pada bumi, keadaannya berbeda.

BACA JUGA: Gerhana Terjadi Bertepatan dengan Meninggalnya Ibrahim

Peristiwa itu akan disertai dengan goncangan dahsyat dan bumi mulai menelan segala apa yang ada di permukaannya. Terjadinya al-khasf di wilayah timur, barat, dan Jazirah Arab menunjukkan bahwa seluruh penjuru bumi (baik kanan, kiri, maupun tengah) akan mengalami kerusakan dan kehancuran yang sulit dibayangkan kedahsyatannya.

Kemungkinan, kejadian itu berkaitan dengan salah satu hadits Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam yang mengabarkan tentang satu bencana yang akan menimpa Jazirah Arab secara khusus.

Dalam hadits itu beliau mengatakan, “Kecelakaan akan menimpa orang-orang Arab dari bahaya yang semakin mendekat!”

Ketika ditanya “Apakah mungkin kita akan dibinasakan, padahal di antara kita masih ada orang-orang yang saleh?”

Beliau menjawab, “Ya, jika maksiat telah tersebar luas.”

Salah seorang istri Rasulullah saw., Ummu Habibah, meriwayatkan hadits dari Zainab binti Jahsy (yang juga istri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam) bahwa pada suatu hari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam pernah datang kepadanya dengan penuh kecemasan seraya bersabda, “Tidak ada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah! Celakalah bagi bangsa Arab dari bahaya yang semakin mendekat!”

BACA JUGA: Tidak Boleh Melaksanakan Nadzar Berupa Maksiat kepada Allah

Kemudian beliau melingkarkan ibu jari dan telunjuknya. Zainab binti Jahsy bertanya, “Apakah mungkin kita akan di-hancurkan, padahal di antara kita masih ada orang-orang yang saleh?”

Beliau menjawab, “Ya, jika telah banyak maksiat terjadi!” (HR Bukhari dan Muslim)

Wallahu a’lam []

Sumber: Kiamat, Tanda-Tandanya Menurut Islam, Kristen, dan Yahudi/Karya: Manshur Abdul Hakim/Penerbit: Gema Insani Press/2006

About Dini Koswarini

Check Also

Nabi Ibrahim Hanya Meninggikan Bangunan Kabah, Bukan Membuat Pondasi

Sebenarnya, yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah meninggikan Ka'bah, karena fondasi Ka'bah telah ada sebelumnya.

you're currently offline