Foto: Wikia

Inilah Sejarah Ka’bah

Di antara sejarawan masa lalu, ada yang mengatakan bahwa yang pertama membangun Ka’bah adalah malaikat, tepatnya sebelum bumi diciptakan. Ada juga yang mengatakan bahwa yang pertama membangun Ka’bah adalah Nabi Adam as. sampai masa anaknya, Syits.

BACA JUGA: Kabah Menjumpai Rabi’ah Al-‘Adawiyah

Tetapi, kisah ini sama sekali tidak berdasar. Bukti sejarah menegaskan bahwa sebelum kedatangan Nabi Ibrahim dan Ismail as., Mekah adalah daerah tandus yang tidak berpenghuni. Bahkan, tidak ada sarana dan fasilitas yang mendukung keberlangsungan hidup manusia.

Para sejarawan yang berpendapat bahwa yang pertama kali membangun Ka’bah adalah malaikat beralasan, pada saat Allah berfirman, “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.”

Mereka berkata, “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?”

Allah murka pada para malaikat dan Dia berpaling. Akhirnya, para malaikat lari menuju `Arsy, mereka menengadah sambil memohon ampun karena takut akan murka Allah. Lalu, para malaikat tawaf mengelilingi Arsy sebanyak tujuh kali—seperti tawafnya jamaah haji di Ka’bah saat ini.

Sambil bertawaf mereka menyeru, “Ya Allah kami datang menyambut panggilan-Mu, kami datang memohon ampunan-Mu, kami memohon ampunan dan bertobat kepada-Mu.”

BACA JUGA: Kisah Pasukan Gajah yang Hendak Menghancurkan Ka’bah (Bagian 1)

Melihat itu, kemudian Allah menurunkan rahmat-Nya dan membuat sebuah rumah di bawah ‘Arsy yaitu al-baitul ma’mar. Kemudian, Allah berfirman pada para malaikat, “Tawaflah kamu mengelilingi rumah ini dan tinggalkanlah ‘Arsy.”

Akhirnya, mereka tawaf di al-baitul ma’mar dan itu dirasa lebih mudah oleh mereka daripada tawaf mengelilingi ‘Arsy.

Wallahu a’lam []

Sumber: Sejarah Ka’bah: Kisah Rumah Suci yang Tak Lapuk Dimakan Zaman /Karya: Prof. Dr. Ali Husni al-Kharbuthli

About Dini Koswarini

Check Also

Nabi Ibrahim Hanya Meninggikan Bangunan Kabah, Bukan Membuat Pondasi

Sebenarnya, yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah meninggikan Ka'bah, karena fondasi Ka'bah telah ada sebelumnya.

you're currently offline